PENERAPAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS WEBSITE (Studi Kasus pada Website sia.undip.ac.id)

SASONGKO, ENGGAR NUR (2016) PENERAPAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS WEBSITE (Studi Kasus pada Website sia.undip.ac.id). Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Kualitas website memiliki peranan yang penting dalam memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna website. Kualitas website diukur dengan dimensi Webqual yang telah disesuaikan diantaranya adalah dimensi sistem, dimensi informasi, dimensi interaksi dan dimensi pelayanan. Metode Structural Equation Modeling merupakan metode yang digunakan untuk menguji hubungan yang relatif rumit secara simultan yang terdiri dari beberapa variabel dependen dan variabel independen. Penelitian ini menerapkan Structural Equation Modeling dan Importance Performance Analysis untuk menganalisis faktor kualitas website terhadap kepuasan pengguna website Sistem Informasi Akademik, dan mengidentifikasi variabel yang perlu ditingkatkan kinerjanya. Penelitian dilakukan di Universitas Diponegoro dengan melibatkan 200 mahasiswa Universitas Diponegoro sebagai responden. Dari hasil pengujian keseluruhan model, diperoleh Goodness of Fit yang baik dengan nilai Chi Square = 68,748 dan RMSEA = 0,084. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dimensi interaksi memiliki pengaruh sebesar 35%, dimensi informasi sebesar 30,8%, dimensi pelayanan sebesar 22,1%, dan dimensi sistem sebesar 8,7 %. Dan variabel yang perlu ditingkatkan kinerjanya yaitu variabel kemudahan website untuk diakses, variabel kerincian informasi, dan variabel kemudahan evaluasi PBM.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51494
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 12:16
Last Modified:17 Jan 2017 12:16

Repository Staff Only: item control page