ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN MENGGUNAKAN PEMODELAN REGRESI SEMIPARAMETRIK KERNEL

NANDA, DEDEN ADITYA (2016) ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN MENGGUNAKAN PEMODELAN REGRESI SEMIPARAMETRIK KERNEL. Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
829Kb

Abstract

Saham adalah salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih para investor. Investor dapat menggunakan Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai salah satu indikator yang menunjukkan pergerakan harga saham. IHSG berfluktuasi setiap hari, dimana salah satu penyebabnya adalah faktor makroekonomi. Sehingga perlu dilakukan analisis yang tepat untuk memodelkan IHSG beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan 1 variabel komponen parametrik (jumlah uang beredar) dan 1 variabel komponen nonparametrik (kurs rupiah terhadap dollar). Sehingga pemodelan yang tepat adalah regresi semiparametrik. Metode yang akan digunakan pada komponen nonparametrik adalah regresi kernel dengan pemilihan bandwidth optimal menggunakan metode Generalized Cross Validation (GCV). Penelitian ini menggunakan data bulanan. Data in sample yang digunakan sebanyak 68 data yang diambil dari bulan Januari 2010 - Agustus 2015, sedangkan data out sample yang digunakan sebanyak 6 data dari bulan September 2015 – Februari 2016. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, model regresi semiparametrik kernel yang terbaik menggunakan fungsi kernel gaussian dengan bandwidth sebesar 47,94 dan nilai GCV=34675,27047. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,9781. Hasil evaluasi ketepatan model untuk nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) data out sample sebesar 4,036% yang menunjukkan bahwa model yang dihasilkan adalah sangat akurat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51492
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 11:59
Last Modified:17 Jan 2017 11:59

Repository Staff Only: item control page