METODE ROBUST KRIGING UNTUK MENGESTIMASI DATA SPASIAL BERPENCILAN (Studi Kasus: Pencemaran Udara Gas NO2 di Kota Semarang)

WAHYUDI, ANJAN SETYO (2016) METODE ROBUST KRIGING UNTUK MENGESTIMASI DATA SPASIAL BERPENCILAN (Studi Kasus: Pencemaran Udara Gas NO2 di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2021Kb

Abstract

Kriging merupakan analisis data geostatistika yang digunakan untuk mengestimasi besarnya nilai yang mewakili suatu titik yang tidak tersampel berdasarkan titik-titik tersampel yang berada di sekitarnya dengan mempertimbangkan korelasi spasial. Mengestimasi dengan cara interpolasi dapat menghasilkan nilai prediksi yang kurang presisi jika terdapat pencilan dalam data spasial. Pencilan merupakan nilai pengamatan yang berbeda (ekstrim) dari nilai pengamatan lainnya. Metode robust kriging merupakan pengembangan dari metode ordinary kriging yang mentransformasikan bobot semivariogram klasik menjadi semivariogram yang robust terhadap pencilan dalam data. Dalam penelitian ini akan dilakukan estimasi konsentrasi senyawa kimia gas Nitrogen Dioksida (NO2) di Kota Semarang menggunakan metode robust kriging. Data yang digunakan berupa titik koordinat dan konsentrasi senyawa kimia gas NO2. Metode ini membandingkan nilai semivariogram robust dengan beberapa model semivariogram teoritis (spherical, exponential, dan gaussian) untuk mendapatkan model semivariogram teoritis terbaik yang akan digunakan untuk melakukan estimasi. Berdasarkan analisis diperoleh model semivariogram teoritis yang terbaik yaitu model exponential. Estimasi konsentrasi senyawa kimia gas NO2 dilakukan pada 177 kelurahan di Kota Semarang. Kata Kunci: kriging, pencilan, robust kriging, semivariogram robust

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51487
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 11:28
Last Modified:17 Jan 2017 11:51

Repository Staff Only: item control page