Pengendalian Kualitas Data Atribut Multivariat dengan Mahalanobis Distance dan T2 Hotelling (Studi Kasus PT Metec Semarang)

Anggoro, Alfahari (2016) Pengendalian Kualitas Data Atribut Multivariat dengan Mahalanobis Distance dan T2 Hotelling (Studi Kasus PT Metec Semarang). Undergraduate thesis, FSM Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
4046Kb

Abstract

Vending machine adalah mesin yang digunakan untuk menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Data produk vending machine merupakan data atribut karena terklasifikasikan dalam kategori cacat dan tidak cacat. Untuk menjaga konsistensi kualitas produk yang dihasilkan dan sesuai dengan kebutuhan pasar, perlu dilakukan pengendalian kualitas atas aktivitas proses yang dijalani. Dalam proses produksi, untuk mengawasi mutu pelayanan dapat digunakan diagram kendali multivariat. Diagram kendali yang sering digunakan adalah Mahalanobis Distance dan T2 Hotelling. Kajian dilakukan pada data kecacatan produksi vending machine pada bulan September 2013 sampai dengan bulan April 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada diagram kendali Mahalanobis Distance didapat nilai batas atas yaitu 15,615 pada diagram kendali ini diketahui terdapat 2 pengamatan yang berada di luar batas kendali. Sedangkan pada Diagram kendali T2 Hotelling didapat nilai batas atas yaitu 36,12 dan semua pengamatan berada di dalam batas kendali. Proses produksi Vending Machine sudah baik, diketahui dari nilai Cp kapabilitas proses 1,1503. Kata kunci: Vending Machine, Mahalanobis Distance, T2 Hotelling

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:51486
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:17 Jan 2017 11:26
Last Modified:17 Jan 2017 11:39

Repository Staff Only: item control page