ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, LIKUIDITAS, TATO, DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN ON EQUITY DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN Studi pada Industri Real Estate dan Property yang Listed di Bursa Efek Indonesia PeriodeTahun 2009-2013

SYAFRIZAL, Dery and MIYASTO, Miyasto and MUHARAM, Harjum (2017) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, LIKUIDITAS, TATO, DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN ON EQUITY DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN Studi pada Industri Real Estate dan Property yang Listed di Bursa Efek Indonesia PeriodeTahun 2009-2013. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
371Kb

Abstract

Penelitian didasarkan pada kenyataan bahwa ada fluktuasi perbedaan yang tajam pada kinerja perusahaan di Bursa Efek Indonesia sehingga memunculkan adanya fenomena gap. Fenomena gap diketahui adanya inkonsistensi pengaruh variabel institutional ownership, managerial ownership, likuiditas, TATO, leverage, dan firm size terhadap ROE dan dampaknya pada nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel institutional ownership, managerial ownership, likuiditas, TATO, leverage, dan firm size, terhadap ROE dan dampaknya pada nilai perusahaan pada industri real estate dan property yang listed di BEI periode Tahun 2009-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estate dan property yang listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2013. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: (1) Perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pengklasifikasian ICMD (Indonesian capital market directory) tahun 2009-2013. (2) Perusahaan real estate dan property yang menerbitkan laporan keuangan secara lengkap dari tahun 2009-2013 berturut-turut, (3) Perusahaan real estate dan property yang memperoleh laba pada periode penelitian tahun 2009-2013. Sampel diambil dari Indonesian Capital Market Directory periode 2009-2013 sejumlah 15 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regressi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data managerial ownership, likuiditas, TATO, leverage, dan firm size secara parsial signifikan terhadap ROE industri real estate dan property periode 2009-2013 pada level of significance kurang dari 5%, dan institutional ownership, managerial ownership berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan level of significance lebih kurang dari 5%. Implikasi kebijakan yang disarankan agar perusahaan perlu memprioritaskan institutional ownership dalam meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:51468
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:17 Jan 2017 09:34
Last Modified:17 Jan 2017 09:34

Repository Staff Only: item control page