HUBUNGAN ANTARA SOIL TRASMITTED HELMINTH DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI DESA CANDI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG)

ISLAMUDIN, ROZZAQ ALHANIF (2016) HUBUNGAN ANTARA SOIL TRASMITTED HELMINTH DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI DESA CANDI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Anak usia sekolah dasar merupakan golongan rentan terkena masalah gizi. Infeksi Soil Transmitted Helminth (STH) dapat menimbulkan berkurangnya zat gizi dari makanan yang di asup. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara infeksi Soil Transmitted Helminth dengan status gizi pada anak sekolah dasar. Penelitian dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada anak Sekolah Dasar Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Untuk meningkatkan kualitas dalam pengukuran kuesioner, maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisa data menggunakan Chi square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prevalensi anak terinfeksi Soil Trasmitted Helminth 11,3% dan prevalensi anak dengan status gizi kurus sebanyak 40,8%. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan nilai p-value =1.00 atau (p>0,05). Sehingga tidak terdapat hubungan secara statistik antara infeksi STH dengan status gizi. Saran yang diberikan, agar anak melakukan pemeriksaan feses secara berkala. Kata Kunci: Hubungan, Infeksi kecacingan, Soil Transmitted Helminth,Status Gizi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:51365
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jan 2017 15:46
Last Modified:09 Jan 2017 15:46

Repository Staff Only: item control page