Potensi Ekonomi, Pengangkutan, dan Pengolahan Ikan Balita (Studi Kasus: Ikan Nila Gift (Oreochromis Sp.) Desa Ngrajek Kec Mungkid Kota Magelang)

Muliani Dwi Ujianti1, Rizky Potensi Ekonomi, Pengangkutan, dan Pengolahan Ikan Balita (Studi Kasus: Ikan Nila Gift (Oreochromis Sp.) Desa Ngrajek Kec Mungkid Kota Magelang). In: Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke V 2015 Hasil Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 412-423. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
134Kb

Abstract

Ikan Balita (bawah lima – tiga sentimeter) merupakan ikan yang mempunyai potensi ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat, Permintaan ikan balita ada sepanjang tahun, harganya mahal dan sudah di ekspor. Kabupaten Magelang, khususnya Desa Ngrajek, merupakan sentra budidaya ikan balita yang maju dan berkembang, penghasil ikan ballita yang berkualitas, disamping didapat dari para petani ikan, juga dibudidayakan pada Satker PBIAT Ngrajek Magelang. Masyarakat Magelang cenderung kurang dalam mengkonsumsi ikan, untuk itu diperlukan penelitian mengenai potensi, pengangkutan, dan pengolahan ikan Nila GIFT balita agar daya konsumi masyarakat terhadap ikan Nila GIFT balita menjadi semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ikan Nila GIFT balita, mekanisme pengepakan, pengangkutan, pemantauan kualitas air, kelulushidupan, dan pengolahan ikan Nila GIFT balita untuk menunjang perekonomian masyarakat di sekitar desa Ngrajek Magelang. Materi yang digunakan adalah ikan Nila GIFT (Oreochromis sp.) balita berukuran 3-5 cm. Proses pengangkutan ikan Nila Gift balita dilakukan 2 hari, pada hari pertama (perlakuan A) ditempuh dalam waktu 5 jam, dan pada hari kedua (perlakuan B) ditempuh dalam waktu 3 jam. Data potensi ekonomi, pengolahan ikan Nila GIFT balita diperoleh melalui studi kualitatif. Kegiatan pasca panen Ikan Nila GIFT balita terdiri dari pemberokan, pengemasan, pengangkutan, pemantauan kualitas air, pengolahan dan studi potensi ekonomi. Kualitas air media pengangkut harus selalu diperhatikan agar selama proses pengangkutan, benih tidak mengalami stres. Pengamatan kelulushidupan setelah mengalami perjalanan umumnya adalah 95%. Pengolahan ikan Nila GIFT Balita yang sering dilakukan adalah dengan membuatnya menjadi ikan Nila GIFT balita goreng yang bisa dijual ke daerah lain dan diekspor hingga mancanegara. Kata kunci : Ikan Balita Nila GIFT, pengangkutan, kualitas air, kelulushidupan, pengolahan, potensi ekonomi.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:51343
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:05 Jan 2017 12:23
Last Modified:05 Jan 2017 12:23

Repository Staff Only: item control page