Perbandingan Kondisi Terumbu Karang Selama Tiga Tahun Terakhir pada Perairan Taka Malang dan Tanjung Gelam Kep. Karimunjawa

Alfi R, Sukron and Danie Al Malik, M (2016) Perbandingan Kondisi Terumbu Karang Selama Tiga Tahun Terakhir pada Perairan Taka Malang dan Tanjung Gelam Kep. Karimunjawa. In: Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke V 2015 Hasil Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 628-635.

[img]
Preview
PDF - Published Version
452Kb

Abstract

Kepulauan Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang memiliki keanekaragaman biota laut yang tinggi khususnya pada ekosistem terumbu karang. Perairan taka malang termasuk perairan yang termasuk zona inti yaitu bagian taman nasional yang mempunyai kondisi alam baik biota dan fisiknya masih asli dan tidak atau diganggu oleh manusia serta mutlak dilindungi sedangkan perairan tanjung gelam merupakan zona pemanfaatan wisata bahari yang letak dan kondisi serta potensi alamnya dimanfaatkan untuk kepentingan kegiatan parawisata alam dan jasa lingkungan. Reef Check merupakan protokol monitoring kesehatan terumbu karang yang mengambil indikator substrat ,indikator ikan, dan indikator invertebrata serta dampak untuk menentukan kesehatan terumbu karang. Penelitian ini dilakukan untuk pemantauan dengan metode Reef Check selama tiga tahun terakhir dengan membandingkan antara zona inti yang mengambil perairan Taka malang dan zona pemanfaatan parawisata yang mengambil perairan Tanjung gelam di kepulauan Karimunjawa. Hasil dari monitoring yang dilakukan adalah terjadinya fluktuasi di kedalaman 3m pada perairan taka malang dari tahun 2013-2015 masing-masing sebesar (46,8%), (66,8), (58,1%) sedangkan pada perairan Tanjung Gelam kedalaman 3m terjadinya penurunan dari 2013-2015 sebesar (66,8%), (55,6%), (38,1%) Tutupan karang keras pada kedalaman 10m naik setiap tahun dengan nilai (41,8%), (63,1%), (64,3%) pada Perairan Taka Malang dan (38,7%), (43,1%), (54,3%) pada Perairan Tanjung Gelam. Perlunya pengelolahan dan pengawasan terhadap zona inti dan zona pemanfaatan parawisata diperlukan agar kondisi terumbu karang tetap terjaga dengan baik. Kata Kunci : Karimunjawa, Taka Malang, Tanjung Gelam, Reef Check.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:51326
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jan 2017 05:17
Last Modified:05 Jan 2017 05:17

Repository Staff Only: item control page