PERBEDAAN PERHITUNGAN BERAT BADAN IDEAL BERDASARKAN FORMULA APLS DAN LUSCOMBE & OWENS DENGAN BERAT BADAN AKTUAL PADA ANAK DI KOTA SEMARANG

Rahman, Rifki Aulia and Nissa, Choirun (2016) PERBEDAAN PERHITUNGAN BERAT BADAN IDEAL BERDASARKAN FORMULA APLS DAN LUSCOMBE & OWENS DENGAN BERAT BADAN AKTUAL PADA ANAK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Submitted Version
627Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar Belakang: Penilaian status gizi pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia saat ini masih sulit dilakukan karena kondisi pasien yang harus berbaring di tempat tidur. Pengukuran antropometri berat badan perlu dilakukan segera untuk menentukan dosis obat, cairan infus, serta asupan makanan bagi pada pasien gawat darurat. Salah satu metode yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan rumus estimasi berat badan berdasarkan usia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil esimasi berat badan berdasarkan usia pada anak laki-laki dan perempuan berusia 7 sampai 10 tahun di Kota Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Data yang diambil yaitu data karakteristik subjek, usia, dan berat badan subjek. Subjek penelitian diambil secara consequtive sample yang diberikan informed consent secara verbal. Data usia subjek kemudian dimasukkan dalam dua formula estimasi berat badan berdasarkan usia dari penelitian sebelumnya. Hasil: Terdapat perbedaan antara berat badan aktual dan berat badan berdasarkan rumus Luscombe Owens pada semua kelompok usia. Terdapat perbedaan antara berat badan aktual dan berat badan berdasarkan formula APLS pada kelompok usia 7 dan 10 tahun. Tidak ada perbedaan antara berat badan aktual dan formula APLS pada kelompok usia 8 dan 9 tahun. Terdapat perbedaan antara berat badan aktual dan berat badan berdasarkan formula APLS dan Luscombe Owens pada anak laki-laki dan perempuan. Kesimpulan: Secara keseluruhan, terdapat perbedaan yang signifikan antara berat badan aktual dan berat badan berdasarkan formula APLS dan Luscombe Owens, namun tidak terdapat perbedaan antara berat badan aktual dan formula APLS di kategori usia 8 dan 9 tahun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:formula APLS, formula Luscombe Owens, antropometri, Indonesia
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:51296
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jan 2017 11:00
Last Modified:04 Jan 2017 11:00

Repository Staff Only: item control page