FAKTOR DETERMINAN PERILAKU RESPONSIVE FEEDING PADA BALITA STUNTING USIA 6 - 36 BULAN (studi kualitatif di wilayah kerja Puskesmas Halmahera)

Febriani, Brilliantika Resy and Noer, Etika Ratna (2016) FAKTOR DETERMINAN PERILAKU RESPONSIVE FEEDING PADA BALITA STUNTING USIA 6 - 36 BULAN (studi kualitatif di wilayah kerja Puskesmas Halmahera). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Submitted Version
1037Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar Belakang: Stunting adalah proses gagal tumbuh untuk mencapai potensi pertumbuhan linier akibat tidak tercukupinya kebutuhan gizi, infeksi dan pola pengasuhan. Dampaknya antara lain meningkatnya mortalitas dan morbiditas dan menghambat perkembangan kognitif, psikomotorik dan mental pada anak-anak. Pemberian makan yang responsif penting bagi balita stunting untuk meningkatkan penerimaan makanan dan mendorong tercapainya pertumbuhan dan perkembangan kognitif, psikomotorik maupun mental yang optimal. Diperlukan penelitian untuk melihat gambaran perilaku yang terjadi dan determinannya. Tujuan: Menganalisis gambaran perilaku pemberian makan pada balita stunting dan faktor determinannya meliputi faktor predisposisi, pemungkin dan penguat Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara mendalam. Sampel dipilih secara purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Hasil penelitian terhadap delapan responden menunjukkan bahwa belum ada responden yang melakukan responsive feeding secara menyeluruh. Mengacu lima prinsip Responsive Feeding, responden hanya memenuhi satu kriteria yaitu cara pemberian makan sesuai dengan umur balita. Prinsip lainnya tidak dapat dipenuhi karena faktor prediposisi dan pemungkin yaitu minimnya ketersediaan waktu dan dana. Kesimpulan: Praktik responsive feeding yang dapat dilakukan iresponden adalah cara pemberian makan sesuai dengan umur balita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pemberian makan responsif, stunting, balita
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:51291
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jan 2017 10:27
Last Modified:04 Jan 2017 10:27

Repository Staff Only: item control page