KAJIAN PERBEDAAN KUALITAS EMISI GAS BUANG MOBIL BENSIN YANG MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAKARAN ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) DAN YANG MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAKARAN KARBURASI

WIDODO, Slamet and Hermawan, Hermawan and Huboyo, Haryono Setiyo (2016) KAJIAN PERBEDAAN KUALITAS EMISI GAS BUANG MOBIL BENSIN YANG MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAKARAN ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) DAN YANG MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAKARAN KARBURASI. Masters thesis, Postgraduate Program .

[img]
Preview
PDF
382Kb
[img]
Preview
PDF
1125Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

831Kb

Abstract

Pencemaran udara merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang paling mudah ditemui di kehidupan sehari-hari, Diantara sumber polutan udara adalah kendaraan bermotor, dimana pada kota besar 98% polutan udara berasal dari kendaraan bermotor, hal ini berhubungan dengan proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil, dimana terdapat dua sistem pembakaran yaitu sistem injeksi dan sistem karburasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat emisi gas pencemar udara yang dihasilkan oleh gas buang mobil bermesin injeksi dan karburasi. Hasil kedua jenis mesin tersebut kemudian dibandingkan untuk mengetahui penurunan tingkat emisi gas pencemar udara yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian obsevasional dengan menggunakan simpel random yang merupakan studi analisis dari keadaan yang sebenarnya dengan melibatkan beberapa sampel yang akan ditentukan dari total populasi yang ada di Kota Semarang dan Solo Jumlah sampel yang diambil diharapkan dapat mencerminkan seluruh populasi yang ada. Terdapat 120 sampel terdiri dari 60 sampel mobil bensin yag menggunakan sistem pembakaran karburasi dan 60 sampel mobil bensin yang meggunakan sistem pembakaran EFI, dari masing-masing sistem pembakaran tersebut dibagi 4 group masing-masing 15 sampel yang menggunakan kapasitas silinder 1300 cc, 1500 cc, 1800 cc dan 2000 cc Analisis Data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan ANOVA dua jalur (Two Way Multivariate Analysis Of Varians) dengan hasil sebagai berikut : Hasil kualitas emisi mobil bensin sangat ditentukan oleh sistem pembakarannya dalam hal ini kualitas emisi mobil bensin yang menggunakan EFI lebih baik dari pada yang menggunakan karburasi, Kapasitas silinder atau CC mobil juga mempengaruhi kualitas emisi hidrokarbon akan tetapi tidak mempengaruhi kualitas emisi karbonmonoksida, artinya semakin besar CC mobil tersebut maka akan semakin besar pula polutan hidrokarbon dikeluarkan, Dalam penelitian ini semakin tua atau semakin muda sebuah mobil ternyata tidak mempengaruhi polutan yang dihasilkan (CO dan HC) baik pada sistem pembakaran secara karburasi maupun EFI, estimasi beban pencemaran akan berkurang 24,06 % untuk parameter Hidrokarbon (HC) dan berkurang 46,74 % untuk parameter karbonmonoksida (CO) apabila menggunakan sistem EFI Apa yang didapat dalam kajian ini adalah bahwa ternyata teknologi secara nyata dapat mengurangi secara signifikan pencemaran udara terutama yang diemisikan dari kendaraan bermotor, permasalahan klasik akan selalu muncul dalam penggunaan teknologi ini adalah mahalnya biaya yang akan dikeluarkannya Kata Kunci: Emisi Gas Buang, Electronic Fuel Injection, Karburasi Air pollution is one of the pollution which can be found easily nowdays in our daily life. The most significant source of the air pollution is come from the emmision of the vehicles, in the big cities more than 90 % air pollution come from it. When we look further to the car engine, there are two type of internal combustion in it so far, these are using carburator and electronic fuel injection (EFI) The study is looking for the differences car emmision quality between carburation internal combustion system and electronic fuel injection system, the result also can be estimate the reduction of the emmision load to the environment This is an obsevasional study using simple random which analyse real sample from existing total emision car sample. There are 120 sample devide in 2 group consist of 60 samples using carbutaor and 60 samples using EFI respectively, from each group divide into 4 group of car engine 1300 cc, 1500 cc, 1800 cc and 2000 cc cylinders The sample analyse using Two way multivariate Analysis of varians (ANOVA), the result shows that internal combustion system significanly influent emmision quality (CO & HC), this study shows that the emmision quality is not and the estimation of air pollution load reduction is 24,06% of HC and 46,74% of CO The goal of the study is to underline that the technology is the effective way to reduce the ir pollution especially air pollution come from vehicles emmision, the obstacles is usually realated to the high cost of the technology it self Keywords : Vehicles emission, carburator, electronic fuel injection

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:51193
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2016 09:56
Last Modified:30 Dec 2016 09:56

Repository Staff Only: item control page