Produksi Methan dari Feses Sapi Madura Akibat Pemberian Pakan dengan Jumlah yang Berbeda dan Upaya untuk Meningkatkannya.

SUTARYO, Sutaryo and DHIA, Khanza Syahira and MAULIDA , Mohamad Riza and KRISDIANTY, Nindy and PURNAWENI, Hartuti and PURNOMOADI, Agung (2015) Produksi Methan dari Feses Sapi Madura Akibat Pemberian Pakan dengan Jumlah yang Berbeda dan Upaya untuk Meningkatkannya. In: Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Program Pasca Sarjana: Penelitian Berkualitas untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 25 November 2015, Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
23Mb

Abstract

Industri peternakan merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca dalam bentuk emisi methan yang dominan dari sektor pertanian. Emisi methan berasal dari fermentasi bahan pakan di dalam saluran pencernaan ternak dan fermentasi anaerob dari limbah peternakan. Dilain pihat tingkat konsumsi dan produksi daging di Indonesia masih rendah. Salah satu upaya meningkatkan produksi daging adalah dengan meningkatkan produktivitas ternak yang bisa ditempuh salah satunya dengan perbaikan manajemen pemberian pakan. Makalah ini mengevaluasi produksi methan dari feses sapi Madura akibat pemberian pakan dengan jumlah yang berbeda yaitu 2,5%; 3% dan 3,5% bahan kering (BK) per bobot badan per hari dan co-digesti feses sapi dengan whey sebagai upaya meningkatkan produksi methan dari digester biogas berbasis feses sapi Madura. Hasil evaluasi total produksi methan dari feses sapi berkisar antara 181 sampai dengan 223 l/g volatile solid (VS). Hasil analisis statistik menunjukkan tidak adanya perbedaan yang nyata (P>0,05) antar perlakuan. Namun produksi feses dari perlakuan T3 menunjukkan hasil yang tertinggi sehingga secara akumulatif produksi methan dari feses perlakuan T3 juga paling tinggi dibanding perlakuan yang lainnya. Produksi methan dari digester biogas yang menggunakan substrate feses sapi Madura dan whey meningkat sebesar 138,94% dibandingkan dengan feses sapi yang diencerkan dengan air (1 : 1). Dapat disimpulkan bahwa produksi methan dari feces sapi Madura yang mendapatkan pakan dengan jumlah berbeda relatif sama dan whey dapat digunakan untuk meningkatkan produksi methan dari digester biogas berbasis feses sapi Madura. Kata kunci : biogas, co-digesti, feses, methan, whey.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:51090
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:27 Dec 2016 12:22
Last Modified:31 Jan 2017 11:23

Repository Staff Only: item control page