Analisis Pendapatan Penggunaan Limbah Cair Industri Pangan sebagai Co-Substrat dengan Feses Sapi pada Digester Biogas: dengan Fokus Produksi Methan untuk Produksi Listrik.

SUTARYO, Sutaryo and KRISDIANTY, Nindy and RAHMAWATI, Erna and PURNOMOADI, Agung (2015) Analisis Pendapatan Penggunaan Limbah Cair Industri Pangan sebagai Co-Substrat dengan Feses Sapi pada Digester Biogas: dengan Fokus Produksi Methan untuk Produksi Listrik. In: Seminar Nasional Agribisnis III: Inovasi Agribisnis untuk Peningkatan Pertanian Berkelanjutan, 9 September 2015, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1609Kb

Abstract

Sistem perkandangan ternak sapi yang banyak diterapkan di Indonesia memungkinkan untuk terpisahnya feses dari urin dan tumpahan air minum. Dengan kondisi ini feses sapi perlu diencerkan terlebih dahulu apabila dikehendaki penanganan feses secara anaerob untuk produksi biogas. Metode yang banyak diterapkan oleh para peternak adalah mengencerkan feses sapi dengan air. Makalah ini mengkaji aspek ekonomi dari penggunaan limbah cair industri pangan khususnya whey dan limbah cair industri tapioka sebagai co-substrat dengan feses sapi pada digester biogas ketika dibandingkan dengan air. Kajian dibatasi pada produksi methan yang dihasilkan digunakan sebagai bahan bakar generator untuk produksi listrik untuk selanjutnya listrik yang dihasilkan dijual ke perusahaan listrik negara. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan whey sebagai pengencer dapat meningkatkan pendapatan sebesar Rp 55.328,50 per 0,5 m 3 whey per hari apabila biogas plant terkoneksi dengan jaringan tegangan menengah (A) dan Rp 82.369,50 per 0,5 m 3 whey per hari apabila jaringan listrik biogas plant terkoneksi dengan jaringan tegangan rendah (B). Penggunaan limbah cair industri tapioka dapat meningkatkan pendapatan sebesar Rp 27.872,50 pada kondisi A dan Rp 45.057,50 pada kondisi B. Penggunaan limbah cair industri pangan khususnya whey dan limbah cair industri tapioka sebagai co-substrat dengan feses sapi terbukti mampu meningkatkan pendapatan pada digester biogas. Kata kunci : biogas, kajian ekonomi, limbah cair industri pangan, listrik.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:51089
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:27 Dec 2016 12:06
Last Modified:31 Jan 2017 10:58

Repository Staff Only: item control page