Perbandingan Kinerja Satu dan Dua Fase Digester Biogas dengan Substrat Campuran Manure Sapi Perah dan Manure Sapi Perah yang Diasamkan.

SUTARYO, Sutaryo and MOLLER, Henrik Bjarne (2015) Perbandingan Kinerja Satu dan Dua Fase Digester Biogas dengan Substrat Campuran Manure Sapi Perah dan Manure Sapi Perah yang Diasamkan. In: Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan (Seri III): Pengembangan Peternakan Berbasis Sumberdaya Lokal untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) , September 2015, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

[img]
Preview
PDF
1554Kb

Abstract

Dibeberapa negara maju manure ternak merupakan sumber utama emisi amonia. Salah satu strategi untuk menurunkan emisi amonia dari manure ternak adalah dengan menurunkan pH manure dengan penambahan senyawa asam sampai mencapai pH 5,6. Media yang lazim digunakan adalah asam sulfat. Penelitian ini mengkaji penggunaan campuran (1:1) manure sapi perah yang telah diasamkan dengan manure sapi perah normal sebagai substrat pada digester biogas baik pada satu fase (R3) maupun pada dua fase digester (R2). Rerata produksi methan setelah dua kali hydraulic retention time (HRT) sebesar 175,71 ml/g VS pada R2 dan 166,96 ml/g VS pada R3. Namun produksi methan turun drastis setelah tiga kali HRT yaitu 2,45 ml/g VS pada R2 dan 6,85 ml/g VS pada R3. Kecernaan bahan organik juga mengalami penurunan yang sangat drastis dari sekitar 30% pada kedua digester setelah dua kali HRT menjadi hanya 11,64% pada R2 dan 19,03% pada R3. Konsentrasi volatile fatty acid (VFA) yang mengalami peningkatan yang sangat drastis diakhir penelitian yaitu sebesar 7870,41 mg/L pada R2 dan 6719,13 mg/L pada R3 mengindikasikan adanya inhibisi pada bakteri methanogenik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa campuran manure yang telah diasamkan dengan manure normal dengan perbandingan 1:1 tidak sesuai untuk digunakan sebagai substrat biogas yang ditandai dengan rendahnya produki methan dan tingginya akumulasi VFA. Kata kunci: biogas, manure yang diasamkan, dua fase digester.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:51088
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:27 Dec 2016 11:47
Last Modified:31 Jan 2017 09:49

Repository Staff Only: item control page