Evaluasi Metode Pengeringan Vakum-Freeze Drying pada Tekanan Pengeringan dan Ketebalan Cairan Sample yang Berbeda terhadap Karakteristik Fungsional Tepung Putih Telur.

HINTONO , Antonius and SUTARYO, Sutaryo and NAHARIAH, Nahariah and LEGOWO, Anang Mohamad (2013) Evaluasi Metode Pengeringan Vakum-Freeze Drying pada Tekanan Pengeringan dan Ketebalan Cairan Sample yang Berbeda terhadap Karakteristik Fungsional Tepung Putih Telur. In: Seminar Nasional Rekayasa Kimia dan Proses, 28 - 29 Agustus 2013, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2333Kb
[img]
Preview
PDF (Sertifikat)
119Kb

Abstract

Kualitas bahan dapat dipertahankan dengan pengeringan vakum-freeze drying. Penetitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tekanan dan ketebalan pengeringan yang berbeda terhadap karakteristik fungsional tepung putih telur. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap pola factorial 3x3 dengan perlakuan tekanan (0,37 : 0,28 : 0,20) mbar dan ketebalan (4: 5: 6) mm. telur sebanyak 540 butir dan peternakan yang sama. Parameter yang diukur adalah karakteristik fungsional meliputi daya busa, stabilitas busa, waktu koagulasi dan daya larut tepung putih telur. Hasil penelitian menunjukkan ketebalan sample berbeda nyala (P<0,01) pada semua perlakuan terhadap daya busa tepung putih telur namun tekanan pengeringan tidak memberikan pengaruh nyata meskipun ada interaksi yang nyata antara keduanya. Ada perbedaan nyata antara ketebalan 5 dan 6 mm terhadap stabilitas busa, tekanan 0,28 dan 0,2 mbar memberikan pengaruh yang berbeda dan ada interaksi keduanya. Waktu koagulasi menunjukkan perbedaan nyata pada ketebalan 5 dan 6 mm namun tekanan tidak memberikan pengaruh yang nvata meskipun ada interaksi antara keduanva. Ketebalan sample 4 dan 6 mm, tekanan 0,37 dan 0,2 mbar menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,01) terhadap kelarutan tepung putih telur meskipun tidak menunjukkan interaksi antara keduanva. Pembuatan tepung putih telur hasil pengeringan vakum-freeze drying pada tekanan 0,37 mbar dan ketebalan cairan sample 5 mm menghasilkan karakteristik fungsional yang baik.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:51081
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Dec 2016 11:01
Last Modified:20 Dec 2019 12:49

Repository Staff Only: item control page