Pemanfaatan Limbah Organik Peternakan dan Pertanian Hortikultura Untuk Peningkatan Produksi dan Nilai Nutrisi Pada Budidaya Pakan Alami Cacing Tanah (Lumbricus rubellus)

Suminto, Suminto and Chilmawati, Diana (2016) Pemanfaatan Limbah Organik Peternakan dan Pertanian Hortikultura Untuk Peningkatan Produksi dan Nilai Nutrisi Pada Budidaya Pakan Alami Cacing Tanah (Lumbricus rubellus). In: Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke V 2015 Hasil Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, pp. 212-219. ISBN 2339-0883

[img]
Preview
PDF - Published Version
169Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perbedaan sumber bahan organik dalam media budidaya pakan alami cacing tanah (L. rubellus), dan untuk mengetahui sumber bahan organik dalam media budidaya yang memberikan produksi biomassa dan nilai nutrisi pakan alami cacing tanah (L. rubellus) terbaik. Metode eksperimen akan dikembangkan dalam penelitian ini dengan rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu : A. penggunaan 50% kompos organik limbah perkotaan dan 50% kotoran sapi sebagai media budidaya cacing tanah (L. rubellus), B. penggunaan 50% kompos organik limbah perkotaan dan 50% kotoran sapi sebagai media budidaya cacing tanah (L. rubellus) ditambah jus limbah buah busuk sebanyak 3 %, C. penggunaan 50% kompos organik limbah perkotaan dan 50% kotoran sapi sebagai media budidaya cacing tanah (L. rubellus) ditambah Jus limbah sayur busuk sebanyak 3 %, D. penggunaan 50% kompos organik limbah perkotaan dan 50% kotoran sapi sebagai media budidaya cacing tanah (L. rubellus) ditambah jus campuran limbah buah dan sayur busuk sebanyak 3 % dari media. Data yang akan didapatkan adalah variabel-variabel Laju Pertumbuhan Relatif (RGR), Total Produksi Biomassa (TPB), dan Nilai Nutrisi (Protein) Cacing Tanah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan sumber bahan organik yang berbeda kedalam media budidaya pakan alami cacing tanah (L. rubellus) berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap laju pertumbuhan relatif, total produksi biomassa dan nilai/kandungan nutrisi (protein) cacing tanah. Penggunaan 50% kompos organik limbah perkotaan dan 50% kotoran sapi sebagai media budidaya cacing tanah (L. rubellus) ditambah jus limbah buah busuk sebanyak 3 % menunjukkan hasil yang terbaik terhadap laju pertumbuhan relatif, total produksi biomassa dan nilai/kandungan, masing-masing sebesar 2,73±0,12%; 410,00±17,32 g dan 72,26±1,35%. Penambahan jus limbah buah-buah dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi cacing tanah, sehingga menjadi rekomendasi untuk diterapkan sebagai pengkayaan media cacing tanah oleh pembudidaya.

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:51063
Deposited By:Faik Kurohman
Deposited On:27 Dec 2016 02:57
Last Modified:27 Dec 2016 02:57

Repository Staff Only: item control page