PEMERIKSAAN KUALITAS SEMEN BEKU PRODUKSI BALAI INSEMINASI BUATAN UNGARAN SECARA MIKROSKOPIS DI SETIAP TITIK DISTRIBUSI KABUPATEN PATI

PRATIVI, Oktavia Rahma and SETIATIN, Enny Tantini and SAMSUDEWA, Daud (2016) PEMERIKSAAN KUALITAS SEMEN BEKU PRODUKSI BALAI INSEMINASI BUATAN UNGARAN SECARA MIKROSKOPIS DI SETIAP TITIK DISTRIBUSI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
146Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

184Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

182Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

228Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui alur distribusi, dan kualitas semen pada setiap titik distribusi di Kabupaten Pati. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi informasi kepada inseminator mengenai penanganan semen beku yang baik untuk mengurangi penurunan kualitas semen beku. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 hingga Februari 2016 pada setiap titik distribusi semen beku di Kabupaten Pati. Evaluasi semen beku dari BIB Ungaran dievaluasi di Laboratorium Genetika, Pemuliaan, dan Reproduksi, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Materi yang digunakan dalam penelitian 78 straw sapi Simmental kode pejantan 61146 dan kode produksi yang sama, bahan yang digunakan adalah larutan eosin dan air hangat 370C. Alat yang digunakan adalah pinset, gelas ukur, stopwatch, gunting, mikroskop, object glass, deck glass, bunsen, hand tally counter dan alat tulis. Perlakuan pada penelitian ini adalah T0 = handling dan thawing semen beku sesuai SOP dan T1 = handling dan thawing semen beku sesuai keadaan di lapangan. Parameter yang diamati adalah persen hidup spermatozoa, motilitas spermatozoa dan abnormalitas spermatozoa. Hasil t-Test pada persen hidup dan motilitas spermatozoa dengan perlakuan T0 dan TI menunjukkan perbedaan yang signifikan (P<0,05) dimana nilai pada perlakuan SOP lebih tinggi dari perlakuan lapangan, pemeriksaan abnormalitas dengan perlakuan T0 dan TI tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (P>0,05). Simpulan dari penelitian yaitu kualitas spermatozoa pada semen beku produksi BIB Ungaran pada setiap titik distribusi di Kabupaten Pati dengan perlakuan handling dan thawing SOP mempunyai hasil lebih baik dibanding perlakuan sesuai keadaan di lapangan. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya penyeragaman pengetahuan dan standar petugas dalam melakukan handling dan thawing semen beku sesuai SOP dalam kegiatan inseminasi buatan sehingga dapat meminimalisir penurunan kualitas spermatozoa sehingga keberhasilan inseminasi buatan di Kabupaten Pati dapat meningkat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50844
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:22 Nov 2016 11:33
Last Modified:22 Nov 2016 11:33

Repository Staff Only: item control page