TINGKAH LAKU REPRODUKSI MERAK HIJAU (Pavo muticus) PADA UMUR YANG BERBEDA DI UD. TAWANG ARUM KECAMATAN GEMARANG, KABUPATEN MADIUN

NARESWARI, Nila Duhita and SAMSUDEWA, Daud and ONDHO, Yon Soepri (2016) TINGKAH LAKU REPRODUKSI MERAK HIJAU (Pavo muticus) PADA UMUR YANG BERBEDA DI UD. TAWANG ARUM KECAMATAN GEMARANG, KABUPATEN MADIUN. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
193Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
28Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

86Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

573Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

184Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkah laku reproduksi merak hijau meliputi display, mendekat, respon betina, mounting, mating serta tingkah laku pendukung seperti jalan, makan, minum dan bertengger, sehingga dari informasi tersebut dapat diperoleh kebutuhan dasar reproduksi merak, dan mengetahui perbedaan rangsangan seksual pada merak dengan umur yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober – Desember 2015 di UD. Tawang Arum, Desa Tawangrejo, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 ekor merak hijau jantan, masing-masing 1 ekor merak jantan berumur 4, 5 dan 10 tahun serta 3 ekor merak hijau betina, masing-masing 1 ekor merak betina berumur 4, 5 dan 10 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung menggunakan metode time sampling pada selang waktu 3 jam, selama 6 jam setiap harinya selama 8 hari. Parameter yang diamati adalah frekuensi dan pola tingkah laku reproduksi merak hijau. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkah laku reproduksi merak hijau jantan berumur 10 tahun lebih banyak menampakkan tingkah laku reproduksi lebih banyak dibandingkan yang lain, begitupun pada merak hijau betina pada umur 10 tahun lebih banyak melakukan tingkah laku reproduksi berupa merespon merak hijau jantan dibandingkan lainnya. Aktivitas merak hijau lebih banyak digunakan untuk bertengger dan berjalan dibandingkan dengan tingkah laku reproduksinya. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara umur dengan tingkah laku reproduksi pada merak hijau. Merak hijau jantan yang berumur 10 tahun lebih banyak melakukan tingkah laku reproduksi jika dibandingkan dengan merak hijau jantan lainnya yang memiliki umur lebih muda (4 dan 5 tahun).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50843
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:22 Nov 2016 11:23
Last Modified:22 Nov 2016 11:23

Repository Staff Only: item control page