KANDUNGAN ENERGI DAN VARIASI BAHAN PAKAN PADA SAPI POTONG DI BAGIAN HULU DAN HILIR WILAYAH DAERAH ALIRAN SUNGAI JRATUNSELUNA

MAYANGSARI, Lupita Nilam and SURAHMANTO, Surahmanto and CHRISTIYANTO, Marry (2016) KANDUNGAN ENERGI DAN VARIASI BAHAN PAKAN PADA SAPI POTONG DI BAGIAN HULU DAN HILIR WILAYAH DAERAH ALIRAN SUNGAI JRATUNSELUNA. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
380Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
96Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

353Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

158Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

276Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan energi dan variasi bahan pakan pada sapi potong di bagian hulu dan hilir daerah aliran sungai (DAS) Jratunseluna dengan pengujian bahan pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 – Desember 2015 bertempat di Kecamatan Tengaran dan Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang serta Kecamatan Jaken dan Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Sampel dianalisis di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro Semarang pada bulan April 2016. Materi penelitian adalah 60 ekor sapi potong jantan dan betina yang dipilih secara acak di hulu dan hilir DAS Jratunseluna dan bahan pakan yang diberikan. Parameter yang diamati adalah variasi pakan di DAS Jratunseluna, konsumsi bahan kering (BK) pakan, konsumsi energi ternak, dan pertambahan bobot badan ternak, serta melakukan analisis data dengan menggunakan Independent T- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pakan sapi potong di daerah hulu dan hilir berbeda karena menyesuaikan ketersediaan pakan. Konsumsi BK di daerah hulu dan daerah hilir DAS Jratunseluna tidak berbeda (P>0,05). Konsumsi energi di daerah hulu dan daerah hilir DAS Jratunseluna tidak berbeda (P>0,05). Pertambahan bobot badan ternak di daerah hulu dan daerah hilir DAS Jratunseluna tidak berbeda (P>0,05). Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pakan di hulu dan hilir daerah aliran sungai Jratunseluna berbeda-beda dikarenakan menyesuaikan ketersediaan pakan di daerah tersebut yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Konsumsi BK, konsumsi energi dan PBBH di hulu dan hilir daerah aliran sungai Jratunseluna cenderung sama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50826
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Nov 2016 10:24
Last Modified:18 Nov 2016 10:24

Repository Staff Only: item control page