SMA NASIONAL PLUS DI SEMARANG

CYNTHIA, PUSPA NORA MARITA and Bharoto, Bharoto and Edi , Indarto (2016) SMA NASIONAL PLUS DI SEMARANG. Undergraduate thesis, universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
583Kb
[img]
Preview
PDF
276Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1183Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

839Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

760Kb
[img]
Preview
PDF
509Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
468Kb

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dirasakan bahwa sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia selama ini sudah tidak mampu lagi mengakomodir perkembangan kurikulum dan dan managemen pembelajaran mutakhir. Ini disebabkan karena sistem pendidikan nasional Indonesia terjebak pada hal-hal yang bersifat administrative-oriented, kaku, yang tidak mendorong dan memberi peluang kepada sekolah untuk melakukan inovasi dan kreativitas. Menyadari kondisi sekolah yang demikian, maka munculah beragam kritikan dari kalangan masyarakat peduli pendidikan sebagi ekspresi keprihatinan dan ketidakpuasan. Tidak hanya mengkritik, mereka juga mencari model sistem manajemen sekolah yang dapat mengelola kurikulum dan sistem pendidikan nasional yang tidak saja berbasis sekolah dan masyarakat tetapi juga memenuhi standar nasional. Ditinjau dari lingkup regional Jawa Tengah, Kota Semarang didasari dan didominasi oleh 3 kegiatan utama, yaitu sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah, sebagai kota perdagangan utama Jawa Tengah dan sebagai kota transit dalam lingkup regional, nasional dan internasional. Sebagai ibukota propinsi Jawa Tengah dengan tingkat mobilitas yang tinggi menjadi tempat yang strategis bagi generasi muda yang membutuhkan sosialisasi akan perkembangan lingkungan yang dinamis. Berdasarkan RTRW Propinsi Jawa Tengah, Semarang tergolong dalam orde pengembangan 1, sehingga pertumbuhan ekonomi di Semarang menjadi prioritas utama di banding daerah lain. Kondisi ini diharapkan dapat menjadi pemacu perkembangan sekolah dan anak didik. Dengan adanya SMA Nasional Plus di Semarang, dapat menciptakan sekolah menengah atas unggulan yang modern dan berkualitas. Sistem pembelajaran yang digunakan memadukan antara kurikulum nasional dan internasional, serta siswa didukung dengan segala fasilitas dan kelengkapannya untuk belajar dengan baik untuk menambah ilmu pengetahuan dan menambah keterampilan mereka. Dengan penerapan sistem pembelajaran yang modern, aktif, efektif, implementatif dan menghibur diharapkan dapat menciptakan siswa-siswa yang bermutu yang dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat bersaing di dunia nasional dan internasional.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:50823
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Nov 2016 09:58
Last Modified:18 Nov 2016 09:58

Repository Staff Only: item control page