PENGARUH PENAMBAHAN PROBIOTIK FUNGI (Rhizopus oryzae) DALAM RANSUM TERHADAP POPULASI MIKROBA, PANJANG DAN BOBOT USUS HALUS AYAM KAMPUNG

PUTRA, Fatan Dwi and YUDIARTI, Turrini and SUGIHARTO, Sugiharto (2016) PENGARUH PENAMBAHAN PROBIOTIK FUNGI (Rhizopus oryzae) DALAM RANSUM TERHADAP POPULASI MIKROBA, PANJANG DAN BOBOT USUS HALUS AYAM KAMPUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
124Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]
Preview
PDF
130Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

263Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

102Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

602Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik fungi (Rhizopus oryzae) dalam ransum terhadap total mikroba, panjang dan bobot usus halus pada ayam kampung. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus – Oktober 2015 di kandang ayam Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Analisis total mikroba serta pengukuran panjang dan bobot usus halus dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi dan Biokimia, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah day old chick (DOC) ayam kampung sebanyak 100 ekor (unsexed) dengan bobot badan 39,65 ± 3,66 g. Ransum terdiri dari jagung giling, bekatul, bungkil kedelai, tepung ikan, dan tepung kerang. Perlakuan berupa penambahan probiotik fungi R. oryzae dengan dosis 0% (T0), 0,2% (T1), 0,4% (T2), dan 0,6% (T3). Kandang yang digunakan adalah kandang battery dengan ukuran tiap petak sebesar 60 × 35 × 35 cm sebanyak 20 unit. Masing-masing petak berisi 5 ekor ayam kampung, tempat pakan, tempat minum dan lampu bohlam 25 watt. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 ulangan. Parameter yang diukur yaitu jumlah total mikroba, panjang dan bobot usus halus. Data diolah secara statistik berdasarkan analisis ragam dan apabila menunjukkan pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik R. oryzae dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap jumlah total mikroba, panjang dan bobot usus halus ayam kampung. Simpulan dari penelitian ini adalah penambahan probiotik R. oryzae pada ransum ayam kampung hingga taraf 0,6% belum dapat memberikan efek positif terhadap kondisi ekosistem dan perkembangan organ pencernaan terutama usus halus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50802
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Nov 2016 15:36
Last Modified:16 Nov 2016 15:36

Repository Staff Only: item control page