HUBUNGAN REWARD NONFINANSIAL DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKUKAN PENGKAJIAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR SOEDIRAN MANGUN SUMARSO WONOGIRI

Winarni, Atik and Santoso, Agus (2011) HUBUNGAN REWARD NONFINANSIAL DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKUKAN PENGKAJIAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR SOEDIRAN MANGUN SUMARSO WONOGIRI. In: Simposium Lintas Profesi " Pelayanan Kesehatan Integratif Bagi Keluarga", 20-21 Oktober 2011, Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3395Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Reward nonfinansial merupakan penghargaan kerja dari atasan yang tidak berupa uang namun penghargaan secara psikologis dan sikap yang menghargai dan memotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Reward nonfinansial dapat berupa pujian, umpan balik yang positif, ucapan terima kasih bahkan jabat tangan dari atasan. Kinerja perawat dalam melakukan pengkajian merupakan hasil kerja perawat pada tahap awal dari proses keperawatan dalam mengumpulan data yang sistematis dari berbagai sumber untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi status kesehatan pasien. Pengkajian dilakukan dari observasi awal, wawancara, pemeriksaan fisik dan tanda-tanda vital serta pendokumentasian hasil pengkajian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara reward nonfinansial dengan kinerja perawat dalam melakukan pengkajian di Ruang Rawat Inap RSUD dr.Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non-eksperimental yang bersifat korelasional dan pendekatan yang digunakan adalah cross sectional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi penelitian ini adalah perawat di Ruang Rawat Inap RSUD dr.Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dimana sampel diambil secara cluster sampling sebanyak 100 responden dari 12 ruang rawat inap dan sesuai kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Hasil pengukuran kedua variabel dengan uji hipotesis Chi Square diperoleh nilai p value < 0,05 (p=0,006). Kesimpulan penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara reward nonfinansial dengan kinerja perawat dalam melakukan pengkajian. Kata kunci : Reward nonfinansial, kinerja pengkajian, perawat Kepustakaan : 45 (2000-2011)

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:50746
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:07 Nov 2016 10:37
Last Modified:07 Nov 2016 10:37

Repository Staff Only: item control page