SUYATNO, SUYATNO (2005) HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN SRAGEN BULAN JANUARI-FEBRUARI 2005. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 52Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
System kesehatan nasional (SKN) pada hakekatnya merupakan suatu tatanan yang mencerminkan upaya Bangsa Indonesia dalam meningkatkan derajat kesehatan yang optimal Kesehatan adalah hak asasi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa, berdasarkan pengamatan pennulis terhadap penulis terhadap perawat poliklinik bedah pada saat melakukan pelayanan kepada masyarakat sering terjadi menjadi sasaran kemarahan pengunjung karena kurang puasnya pelayanan yang diberikan oleh perawat poliklinik bedah Rumah Sakit Umum Sragen. Tujuan umum dari penelitian ini untuk meneliti hubungan pelayanan kesehatan denga kepuasan pasien rawat jalan di poliklinik bedah Rumah Sakit Umum Sragen. Sedang tujuan khusus penelitian ini adalah mendiskripsikan pelayanan kesehatan dengan kepuasan, serta menganalisa hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Survei sedangkan menurut waktu penelitian merupakan cross sectional stady yaitu penelitian yang dalam waktu yang bersamaan dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan. jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 2300 pasien poliklinik bedah yang telah mendapatkan pelayanan minimal satu kali. Sampel penelitian menggunakan total sample sebanyak 96 orang. Pengumpulan data menggunakan kwasioner dan wawancara mendalam. Data hasil penelitian di analisis dengan uji chi square. Teknik sampling mengunakan proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya tidak ada hubungan pelayan loket dengan kepuasan (p=0,679), ada hubungan antara kenyamanan ruang tunggu denga kepuasan (p=0,001), ada hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan (p=0,001), adanya hubungan pelayanan dokter dengan kepuasan (0,001) dan tidak ada hubungan pelayanan dengan kepuasan pasien (0,200) untuk P<0,05. Dari penelitian ini disarankan bagi petugas Rumah Sakit Umum Sragen meningkatkan mutu pelayanan dengan menambah loket pendaftaran agar pasien tidak lama antre karen amasih banyak pasien yang tidak puas karena antre yang lama. Untuk jam dimulainya pemeriksaan oleh dokter diharapkan tepat waktu jam kerja agar pasien tidak terlalu lama menunggu. Kata Kunci: pelayanan kesehatan, kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 5057 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 22 Jan 2010 08:48 |
Last Modified: | 22 Jan 2010 08:48 |
Repository Staff Only: item control page