EFEK PEMBERIAN SERBUK BIJI PINANG, BINAHONG DAN KOMBINASINYA TERHADAP RASIO A/G DARAH KAMBING SAANEN YANG TERINDIKASI MENDERITA MASTITIS SUBKLINIS

RIZQY, Velayati Nurrachma and KUSUMANTI, Endang and SUGIHARTO, Sugiharto (2016) EFEK PEMBERIAN SERBUK BIJI PINANG, BINAHONG DAN KOMBINASINYA TERHADAP RASIO A/G DARAH KAMBING SAANEN YANG TERINDIKASI MENDERITA MASTITIS SUBKLINIS. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian.

[img]
Preview
PDF
99Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
100Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

241Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

169Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

328Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2015 - 3 Januari 2016 di BBPTU Baturraden, Purwokerto dan Balai Laboratorium Kesehatan Semarang, Jawa Tengah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efek pemberian serbuk buah pinang, binahong dan kombinasinya terhadap tingkat kesembuhan mastitis subklinis yang dievaluasi dari nilai rasio albumin dan globulin (A/G) darah dan produksi susu. Materi penelitian menggunakan 20 ekor kambing Saanen laktasi yang terindikasi mastitis subklinis. Data dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan (T0: tanpa perlakuan; T1: serbuk buah pinang; T2: serbuk binahong; T3: serbuk kombinasi) dengan dosis 1g/kg BB untuk setiap perlakuan. Pemberian serbuk dilakukan setiap siang sebelum pemerahan sore dengan mencampurkan bersama konsentrat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kadar globulin darah dan penurunan nilai rasio A/G, namun secara statistik tidak signifikan (P>0,05). Produksi susu pada akhir penelitian meningkat secara signifikan (P<0,05). Perbaikkan kondisi pada setiap ternak ditunjukkan oleh pH susu akhir penelitian berkisar antara 6,5-6,7. Kelompok T3 menunjukkan perbaikkan kondisi yang paling baik dibandingkan dengan kelompok yang lain. Disimpulkan bahwa penurunan nilai rasio A/G berpotensi peningkatan sistem imun dan meningkatkan produksi susu karena adanya perbaikan jaringan atau infeksi mastitis subklinis mulai terobati.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50454
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:17 Oct 2016 11:09
Last Modified:17 Oct 2016 11:09

Repository Staff Only: item control page