Sri , Tudjono (2011) PERAN REGEL BAJA DINDTNG PENYEKAT PADA PENINGKATAN KAPASITAS KOLOM IWF. Proceedings of The 1st Indonesian Structural Engineering and Materials Symposium (ISEMS) . 9-1-9-9. ISSN 978-979-97606-5-4
| PDF (Cover & Content) 760Kb | |
| PDF (Full Paper) 1360Kb |
Abstract
Penyekat ruangan atau dinding luar bangunan berstruktur baja sering mempergunakan regel atau balok baja kecil untuk dudukan lernbaran multiplex, metal atau harboard. Kalau regel baja terbubung secara kaku ke kolom dengan las, maka regel akan dapat berfungsi sebagai pengekang lenrur pada lenturan yang terjadi di kolom. Setiap pengekangan yang terjadi pada kolom akan berpengaruh pada besaran kapasitas kolom dalam menaban gaya dalam yang bekerja. Pengaruh ini pada umumnya oleb perencana struktur tidak pemah diperhitungkan, karena belum ada kajian secara khusus yang membahas masalah seberapa besar peran regel pada peningkatan kapasitas kolom. Dalam mengantisipasi gaya dalam terfaktoryang bekerja, perencanaan kolom yang menggunakan formulasi interaksi akan dipengaruhi oleb gaya normal nominal, momen nominal sumbu kuat dan momeo nominal sumbu lemah dari profil terpilih. Perao dari regel yang memberikan kekangan lentur pada kolom akan berpengaruh pada besaran gaya normal nominal dan Momen nominal sumbu kuat. Untuk profit kompak besaran gaya normal nominal dan momen nominal akan dipengaruhi panjang dan kondisi pengekangan kolom. Paper ini akan mengkaji seberapa jauh kontribusi kekakuan lenlur regel pada peningkatan gaya normal nominal dan momen nominal kolom. Penelitian tekuk lateral dan tekuk torsi dibatasi pada analisis kondisi elastis. Hal ini masih relevan karena formulasi tekuk Euler unruk tekuk lateral dan momen kritis untuk tekuk torsi yang dipergunakan dalam S J baja juga merupakan basil pcnjabaran analisis kondisi elastis. Analisis akan dilakukan dcngan pendekatan bahwa lentur regel bekerja pada titik berat dari profil kolom LWF. Besaran Tekuk lateral dan tekuk torsi sangat sensitip terhadap pengekangan. Kekangan regel dapat meningkatkan momen kritis dan gaya normal kritis batang cukup signifikan. Analisis akan dilakukan dengan pendekatan analitis dan numerik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 50445 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 Oct 2016 14:15 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 14:15 |
Repository Staff Only: item control page