FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGIS ES JERUK KEMASAN BERDASARKAN KEBERADAAN COLIFORM DAN ESCHERICHIA COLI (STUDY DI WILAYAH SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

PARAMITA, PRAJNA (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGIS ES JERUK KEMASAN BERDASARKAN KEBERADAAN COLIFORM DAN ESCHERICHIA COLI (STUDY DI WILAYAH SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Kebutuhan air minum menjadi suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, tak terkecuali anak usia sekolah dasar. Kualitas mikrobiologis air minum berperisa memiliki persyaratan cemaran menurut SNI yaitu Coliform <3/g dan syarat air minum tidak tercemar Escherichia coli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas mikrobiologis es jeruk kemasan yang dijual di wilayah sekolah dasar berdasarkan keberadaan Coliform dan Escherichia coli. Rancangan penelitian ini adalah penelitian cross-sectional dengan jenis penelitian observasional-analitik. Sampel penelitian berjumlah 39 sampel dengan 39 subyek penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis yang dipakai adalah menggunakan uji hubungan Chi square. Hasil penelitian menunjukkan sampel tidak memenuhi syarat angka Coliform sebanyak 84,6%, sedangkan keberadaan Escherichia coli sebanyak 56,4%. Sehingga kualitas mikrobiologis es jeruk kemasan berjumlah 33 sampel tidak memenuhi syarat (TMS) dan 6 sampel memenuhi syarat (MS). Faktor yang berhubungan dari variabel yang diteliti adalah higiene personal pedagang yang memiliki hubungan bermakna dengan kualitas mikrobiologis es jeruk kemasan (p=0,022; C=0,389). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kualitas mikrobiologis adalah metode penyimpanan bahan, penggunaan peralatan, sanitasi tempat, bahan es batu yang digunakan dan bahan air minum yang digunakan. Pedagang di wilayah sekolah dasar perlu memperhatikan kebersihan perseorangan yang dapat menjadi faktor tercemarnya es jeruk kemasan. Perlu adanya peningkatan kesadaran praktik higiene personal pedagang dengan adanya pengawasan rutin dari pihak sekolah dasar Kata Kunci: es jeruk kemasan, kualitas mikrobiologis, Coliform, Escherichia coli, higiene personal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50430
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Oct 2016 09:47
Last Modified:14 Oct 2016 09:47

Repository Staff Only: item control page