JUMLAH KOLONI DAN JENIS MIKROORGANISME SUSU KAMBING SAANEN PENDERITA MASTITIS SUBKLINIS PASCA PEMBERIAN SERBUK BINAHONG, BIJI PINANG DAN KOMBINASINYA

NURIYANA, Fataty and KUSUMANTI, Endang and SUGIHARTO, Sugiharto (2016) JUMLAH KOLONI DAN JENIS MIKROORGANISME SUSU KAMBING SAANEN PENDERITA MASTITIS SUBKLINIS PASCA PEMBERIAN SERBUK BINAHONG, BIJI PINANG DAN KOMBINASINYA. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian.

[img]
Preview
PDF
181Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

158Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

382Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

381Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian serbuk binahong dan biji pinang yang mengandung zat antimikroba terhadap jumlah mikroba dalam susu, pH susu dan produksi susu pada kambing Saanen penderita mastitis subklinis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Januari 2016 di BBPTU Baturraden, Purwokerto dan Balai Laboratorium Kesmavet Purwokerto, Jawa Tengah. Materi yang digunakan yaitu 20 ekor kambing Saanen laktasi yang terindikasi mastitis subklinis. Data dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan (T0: tanpa perlakuan; T1: serbuk biji pinang; T2: serbuk binahong; T3: serbuk biji pinang dan binahong) dengan dosis 1 g/kg BB untuk setiap perlakuan. Pemberian serbuk dilakukan setiap siang sebelum pemerahan dengan mencampurkan bersama konsentrat. Parameter yang dianalisis adalah pH susu, Bovivet®, produksi susu, Total Plate Count (TPC) susu dan pewarnaan Gram untuk bakteri susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan jumlah mikroba susu secara statistik signifikan (P<0,01). Sebelum perlakuan bakteri Gram positif lebih dominan, namun diakhir penelitian jenis bakteri Gram negatif lebih dominan. Perbaikan kondisi pada setiap individu ditunjukkan oleh pH susu pada akhir penelitian berkisar antara 6,5 - 6,7 yang sebelumnya berkisar antara 7 - 7,22 dan terjadi peningkatan produksi susu yang signifikan (P<0,01). Kelompok T3 menunjukkan perbaikkan kondisi yang paling baik dibandingkan dengan kelompok yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian serbuk biji pinang dan binahong dapat menurunkan jumlah koloni dan jenis mikroba Gram positif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50415
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:13 Oct 2016 13:52
Last Modified:13 Oct 2016 13:52

Repository Staff Only: item control page