FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USIA MENARCHE DINI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH RURAL DAN URBAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUMOWONO DAN KECAMATAN SEMARANG SELATAN)

PUSPITASARI, RATNA (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USIA MENARCHE DINI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH RURAL DAN URBAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUMOWONO DAN KECAMATAN SEMARANG SELATAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Menarche adalah menstruasi pertama yang dialami oleh seorang wanita. Prevalensi menarche dini di daerah urban lebih tinggi dibandingkan daerah rural dikarenakan beberapa faktor. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang berhubungan dengan usia menarche dini pada anak sekolah dasar di daerah rural dan urban. Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi penelitian ini siswi kelas 4-6 di Kecamatan Sumowono dan Semarang Selatan yang berjumlah 100 responden di setiap kecamatan. Analisis bivariat menggunakan rank spearman. Proporsi menarche dini daerah rural sebesar 24% sedangkan daerah urban sebesar 20%. Rata-rata usia menarche responden di daerah rural adalah 11,42 tahun sedangkan di daerah urban adalah 11,22 tahun. Faktor yang berhubungan di daerah rural dan urban sama yaitu status gizi, aktivitas fisik, paparan audio visual dan persentase lemak tubuh. Disarankan agar orang tua lebih mengawasi penggunaan media massa dan gadget pada anak. Kata Kunci: Menarche dini, Faktor yang berhubungan, Rural Urban

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50414
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2016 13:44
Last Modified:13 Oct 2016 13:44

Repository Staff Only: item control page