FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TOTAL ANGKA BAKTERI DAN KEBERADAAN BAKTERI Escherichia coli PADA ALAT MAKAN (STUDI PADA LAPAS KLAS 1 KEDUNGPANE KOTA SEMARANG)

RIZQI, SHOFI NAZILATUR (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TOTAL ANGKA BAKTERI DAN KEBERADAAN BAKTERI Escherichia coli PADA ALAT MAKAN (STUDI PADA LAPAS KLAS 1 KEDUNGPANE KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Angka kesakitan akibat penyakit bawaan makanan disebabkan oleh higiene sanitasi yang buruk. Salah satu penyebabnya adalah kondisi peralatan makan yang tidak higienis. Hasil penelitian pada Tahun 2012 menyebutkan terdapat perbedaan kontaminasi bakteri pada sanitasi alat yang baik yaitu sebesar 33,3%. Penelitian ini di lakukan di Lapas Klas I Kedungpane Kota Semarang yang bertujuan untuk menganalisis cemaran mikrobiologis peralatan makan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research melalui pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah warga binaan yang memiliki peralatan makan di Lapas Klas I Kedungpane Kota Semarang, diambil pada masing-masing blok menggunakan teknik Insidental Sampling dan didapatkan sejumlah 82 sampel. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pemeriksaan Laboratorium kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Analisis bivarat menggunakan uji chi square. Hasil pemeriksaan mikrobiologi menunjukkan terdapat 70,7% sampel peralatan makan yang positif terkontaminasi E. coli, dan 62,2% sampel peralatan makan memenuhi syarat total angka bakteri. Hasil uji ststistik menunjukkan variabel yang berhubungan dengan Keberadaan E. coli adalah teknik pencucian peralatan makan(p=0,003) dan teknik penyimpanan peralatan makan(p=0,041), sedangkan variabel yang berhubungan dengan total angka bakteri adalah kondisi kesehatan(p=0,000), kebersihan tangan(p=0,010), teknik pencucian peralatan makan(p=0,004) dan teknik penyimpanan peralatan makan(p=0,014). Saran dari hasil penelitian ini yaitu bagi warga binaan harus rutin memeriksakan kesehatan, menjaga kebersihan tangan dan memperhatikan teknik pencucian dan penyimpanan. Bagi pihak Lapas diharapkan mampu menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan fasilitas cuci tangan yang tersedia air yang cukup dan sabun. Kata Kunci: E. coli, Total Angka Bakteri, Higiene Sanitasi,Peralatan Makan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50412
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Oct 2016 13:31
Last Modified:13 Oct 2016 13:31

Repository Staff Only: item control page