GAMBARAN KEPADATAN TIKUS DAN PERILAKU MASYARAKAT PADA DUSUN FOKUS DAN DUSUN TERANCAM PES (STUDI DI PUSKESMAS NONGKOJAJAR KABUPATEN PASURUAN)

LUBIS, CIKA NIRBAYA BR (2016) GAMBARAN KEPADATAN TIKUS DAN PERILAKU MASYARAKAT PADA DUSUN FOKUS DAN DUSUN TERANCAM PES (STUDI DI PUSKESMAS NONGKOJAJAR KABUPATEN PASURUAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Pes merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh Yersinia pestis dari gigitan pinjal tikus. Menurut laporan hasil trapping tikus yang berhasil dilakukan di wilayah dusun terancam Tlogosari dan dusun fokus Taman tahun 2014-2015 mengalami peningkatan. Peningkatan kepadatan ini dipengaruhi oleh perilaku masyarakat yang kurang bersih dan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pes dan tikus. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kepadatan tikus dan perilaku masyarakat pada dusun fokus dan dusun terancam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif dan design studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh tikus yang berhasil tertangkap dan masyarakat yang ada perangkap tikus di rumahnya di dusun fokus dan dusun terancam Tlogosari. Sampel penelitian yaitu seluruh tikus yang berhasil tertangkap dengan menggunakan perangkap hidup dan semua rumah tangga yang ada perangkap tikus di rumahnya di dusun fokus Taman dan dusun terancam Tlogosari dengan rentang usia 15-64 tahun. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tikus yang ditemukan pada dusun fokus adalah Rattus tanezumi sedangkan pada dusun terancam adalah Rattus tanezumi, Rattus tiomaticus. Kepadatan tikus tertinggi terjadi pada dusun terancam (6,8%). Infestasi pinjal yang ditemukan pada dusun fokus dan terancam adalah X.cheopis dan St.cognatus. Masyarakat pada dusun fokus memiliki perilaku yang kurang baik antara lain perilaku penyimpanan benih dan pengelolaan sampah. Sedangkan dusun terancam, masyarakat yang memiliki perilaku kurang baik yaitu perilaku penggunaan alat pelindung diri dan perilaku pengelolaan sampah. Kata Kunci: tikus, pinjal, perilaku masyarakat, dusun fokus Taman, dusun terancam Tlogosari

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50401
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Oct 2016 11:26
Last Modified:13 Oct 2016 11:26

Repository Staff Only: item control page