GAMBARAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN, PERSONAL HYGIENE DAN PERILAKU SANTRI TERKAIT PENYAKIT SKABIES (STUDI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANYUWANGI)

HARINI, YUSLI (2016) GAMBARAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN, PERSONAL HYGIENE DAN PERILAKU SANTRI TERKAIT PENYAKIT SKABIES (STUDI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANYUWANGI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Skabies umumnya menyerang individu yang hidup berkelompok seperti di asrama Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi yang ditemukan banyak santri memiliki riwayat skabies. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kejadian skabies, sanitasi lingkungan, personal hygiene, dan perilaku santri Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Peneitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah santri yang tinggal menetap di asrama Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Sampel sebanyak 102 santri diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit skabies pernah menyerang 84,3% santri, responden sebagian besar memiliki pengetahuan tentang penyakit skabies yang baik (48%), sikap terhadap penyakit skabies yang positif (94,1%), pernah saling bertukar peralatan pribadi dengan santri lain, memiliki personal hygiene yang baik (92,2%), menempati kamar dengan kondisi sanitasi yang buruk (96,1%) dan tidak ditemukan tungau di air kolam pemandian santri. Disarankan untuk melakukan kegiatan peningkatan pengetahuan, dorongan berperilaku hidup bersih dan sehat, serta perbaikan fasilitas asrama sesuai standar kesehatan. Kata Kunci: Skabies, sanitasi, personal hygiene, perilaku

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50396
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2016 10:58
Last Modified:13 Oct 2016 10:58

Repository Staff Only: item control page