FAKTOR RISIKO KEJADIAN GINGIVITIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DI KOTA SEMARANG)

DIRGANTARA, ANTONIUS RAGA WIDA (2016) FAKTOR RISIKO KEJADIAN GINGIVITIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Gingivitis adalah inflamasi jaringan gingiva dengan kemerahan, pembengkakandan perdarahan. Faktor risiko berupa faktor lokal-sistemik, sosial ekonomi hingga faktor tidak dapat dimodifikasi. Prevalesi gingivitis pada anak tunagrahita sebesar 69,9%. Tujuan penelitian menganalisis faktor risiko gingivitis pada anak tunagrahita di SLB C di Kota Semarang. Penelitian cross sectional dengan 123 anak usia 6-12 tahun dengan total sampling. Variabel adalah umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, pengetahuan orang tua, susunan gigi, pH saliva, pernafasan mulut. status plak dan kebersihan mulut, pemeliharaan kebersihan mulut Pemeriksaan dengan indeks (gingiva, plak dan OHI-S), observasi, wawancara dan analisis dengan Spearman rho dan Chi-square. Hasil penelitain menunjukkan bahwa status kebersihan mulut (p= 0,022; r=0,228; POR= 7,2), pengetahuan orang tua tentang gingivitis (p=0,000; r=-0,427; POR= 4,9), pemeliharaan kebersihan mulut (p= 0,001; r=-0,361; POR 4,7) dan susunan gigi (p= 0,041; POR= 3,1) adalah faktor risiko kejadian gingivitis pada anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan pada cara menyikat gigi dan kurangnya pengetahuan dan rendahnya pemeliharaan kebersihan mulut oleh orang tua menyebabkan rentan terkena gingivitis. Untuk orang tua dapat mengajari dan membantu anak menggosok gigi pada pagi hari dan malam hari. Untuk dilakukan edukasi pada anak-anak, orang Kata Kunci: Gingivitis, Anak Tunagrahita, Faktor Risiko Gingivitis, SLB C Kota Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50393
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2016 10:32
Last Modified:13 Oct 2016 10:32

Repository Staff Only: item control page