PERBEDAAN JUMLAH KEGIATAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) TERHADAP SKOR PLAK (Studi pada Murid Sekolah Dasar dan Sederajat di Wilayah Kerja Puskesmas Padangsari Kota Semarang)

PRATIWI, DIAH AJENG (2016) PERBEDAAN JUMLAH KEGIATAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) TERHADAP SKOR PLAK (Studi pada Murid Sekolah Dasar dan Sederajat di Wilayah Kerja Puskesmas Padangsari Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Karies dan penyakit periodontal merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut dengan prevalensi tinggi yang disebabkan oleh plak. Prevalensi karies di provinsi Jawa Tengah tertinggi yakni di Kota Semarang sebanyak 74%. UKGS di SD dan MI merupakan upaya pelayanan kesehatan gigi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut murid yang memiliki 8 kegiatan, diantaranya: Pelatihan guru UKGS, pelatihan dokter kecil, pendidikan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi massal, pengobatan darurat menghilangkan rasa sakit, penjaringan, rujukan, dan pelayanan medik gigi dasar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan jumlah kegiatan UKGS terhadap skor plak murid sekolah dasar dan sederajat di wilayah kerja Puskesmas Padangsari Kota Semarang. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan desain studi cross-sectional. Sampel murid diambil sejumlah 141 responden menggunakan teknik sampling proportional simple random sampling. Metode kualitatif juga digunakan dalam penelitian ini. Data kualitatif diperoleh dari wawancara mendalam terhadap 8 guru UKGS terkait pelaksanaan kegiatan UKGS. Analisis data bivariat menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid sekolah yang melaksanakan 6 kegiatan UKGS memiliki rata-rata skor plak 34,43, murid sekolah yang melaksanakan 7 kegiatan UKGS memiliki rata-rata skor plak 29,92, dan murid sekolah yang melaksanakan 8 kegiatan UKGS memiliki rata-rata skor plak 29,78. Hasil analisis terhadap perbedaan rata-rata skor plak menunjukkan nilai p = 0,0001. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan jumlah kegiatan UKGS terhadap skor plak murid. Sekolah yang melaksanakan seluruh kegiatan UKGS memiliki rata-rata skor plak murid yang lebih baik. Kata Kunci: Skor Plak, UKGS, Murid

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50391
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2016 10:13
Last Modified:13 Oct 2016 10:13

Repository Staff Only: item control page