PENGARUH TEPUNG DAUN KAYAMBANG (Salvinia molesta) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS FISIK TELUR AWAL PRODUKSI PUYUH (Coturnix coturnix japonica)

PRADANA, Rizki Ikhsan and KISMIATI, Sri and MURYANI, Rina (2016) PENGARUH TEPUNG DAUN KAYAMBANG (Salvinia molesta) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS FISIK TELUR AWAL PRODUKSI PUYUH (Coturnix coturnix japonica). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian .

[img]
Preview
PDF
970Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

183Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

303Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

116Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

378Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh penggunaan tepung daun Kayambang (Salvinia molesta) dalam ransum terhadap kualitas fisik telur puyuh awal produksi meliputi bobot telur, tebal kerabang, indeks kuning telur, Haugh unit dan warna yolk. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2015 - 5 Januari 2016 di Laboratorium Produksi Ternak Unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah puyuh betina (Coturnix coturnix japonica) umur 3 minggu sebanyak 200 ekor dengan bobot badan (BB) rata-rata 45,55 3,22 g/ekor (CV= 7,08%), diperoleh dari Peternakan Gayatri Ps. Simo, Boyolali. Ransum terdiri dari jagung kuning, bekatul, bungkil kedelai, poultry meat meal (PMM), meat bone meal (MBM), CaCO3, premiks, monocalsium phosphat (MCP) dan tepung daun Kayambang. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan dan tiap unit diisi oleh 10 ekor puyuh. Perlakuan terdiri dari T0 = ransum tanpa tepung daun Kayambang (Salvinia molesta); T1 = ransum menggunakan 2,5% tepung daun Kayambang (Salvinia molesta); T2 = ransum menggunakan 5% tepung daun Kayambang (Salvinia molesta); T3 = ransum menggunakan 7,5% tepung daun Kayambang (Salvinia molesta). Data yang diperoleh, dianalisis statistik dengan analisis ragam (anova) taraf 5%. Parameter yang diamati meliputi bobot telur, tebal kerabang, indeks kuning telur, Haugh unit dan warna yolk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan penggunaan tepung daun Kayambang (Salvinia molesta) dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot telur, tebal kerabang, indeks kuning telur, Haugh unit dan warna yolk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung daun Kayambang dalam ransum sampai taraf 7,5% tetap mempertahankan kualitas fisik telur dilihat dari bobot telur, indeks kuning telur, Haugh unit, tebal kerabang dan warna yolk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50332
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Oct 2016 10:02
Last Modified:12 Oct 2016 10:02

Repository Staff Only: item control page