HUBUNGAN POLA KONSUMSI MAKAN, PRAKTIK BUANG SAMPAH, PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA, CONTAINER INDEX, DAN LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN DBD (STUDI PADA PASIEN DBD YANG DIRAWAT DI EMPAT RUMAH SAKIT DI KOTA SEMARANG)

FITRIA, NURUL (2016) HUBUNGAN POLA KONSUMSI MAKAN, PRAKTIK BUANG SAMPAH, PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA, CONTAINER INDEX, DAN LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN DBD (STUDI PADA PASIEN DBD YANG DIRAWAT DI EMPAT RUMAH SAKIT DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD telah menyebar luas ke seluruh Indonesia, salah satunya wilayah Semarang dan sekitarnya. IR DBD Kota Semarang dari tahun 2006 hingga 2015 selalu jauh lebih tinggi dari IR DBD Jawa Tengah dan IR DBD Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi makan, praktik buang sampah, praktik penggunaan insektisida, container index, dan lingkungan fisik rumah dengan kejadian DBD di empat rumah sakit di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik yang dilakukan dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita rawat inap DBD periode Maret - Mei 2016 di empat rumah sakit di Kota Semarang dan bukan penderita DBD (tetangga penderita) yang bertempat tinggal di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Sampel berjumlah 18 kasus dan 18 kontrol yang memiliki usia rentan (anak usia 0-4 tahun dan pra lansia usia >46 tahun) dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji chi-square dan perhitungan nilai odds ratio dengan taraf kepercayaan 95% CI. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang tidak ada hubungan yaitu pola konsumsi makan (p=0,504), praktik buang sampah (p=0,289), praktik penggunaan insektisida (p=0,737), container index (p=1,000), keberadaan breeding places (p=1,000), suhu udara dalam rumah (p=1,000), dan kelembaban udara dalam rumah (p=1,000). Berdasarkan hasil tersebut, tidak ada variabel yang berhubungan dengan kejadian demam berdarah dengue di empat rumah sakit di Kota Semarang. Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, Pola Konsumsi Makan, Praktik Buang Sampah, Container Index, Lingkungan Fisik Rumah

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50319
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Oct 2016 09:06
Last Modified:12 Oct 2016 09:06

Repository Staff Only: item control page