HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT, KEBERADAAN BREEDING PLACES, DAN CONTAINER INDEX DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA SEMARANG (STUDI DI KOTA SEMARANG WILAYAH ATAS)

HUSNA, RIZA NURUL (2016) HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT, KEBERADAAN BREEDING PLACES, DAN CONTAINER INDEX DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA SEMARANG (STUDI DI KOTA SEMARANG WILAYAH ATAS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Status endemis DBD Kota Semarang sudah dimulai dari tahun 1994 hingga 2015, yang digambarkan melalui garis linear dengan trend naik. Faktor lingkungan dan perilaku merupakan faktor terbesar yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya derajat kesehatan. Oleh karena itu, lingkungan sehat dan perilaku sehat perlu diupayakan dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan laporan Depkes, kejadian DBD di Kota Semarang tahun 2015 sebagian besar terjadi di beberapa kecamatan yang merupakan wilayah Kota Semarang bagian atas atau daerah perbukitan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan Perilaku Hidup Bersih Sehat melalui perilaku 3M Plus dan perilaku mandi, keberadaan breeding places, dan Container Index dengan kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan jenis observasional analitik dan rancangan case control, dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok kasus yang didiagnosis terkena DBD dan tercatat di beberapa rumah sakit di Kota Semarang dan kelompok kontrol yang keduanya dilakukan matching umur dan jenis kelamin dengan total sampel 60 responden. Analisis statistik menggunakan uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan antara keberadaan breeding places (p=0,016; OR=4,571) dan Container Index (CI) (p=0,030; OR=4,000) dengan kejadian penyakit DBD di Kota Semarang. Perilaku 3M Plus (p=1,000; OR=0,868) dan perilaku mandi (p=0,171; OR=2,513) tidak menunjukkan adanya hubungan dengan kejadian DBD di Kota Semarang. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan masyarakat selalu menerapkan PHBS dan lebih memperhatikan keberadaan TPA di sekitar rumah agar selalu tetap menjaga kebersihannya dari potensi sebagai tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti. Kata Kunci: demam berdarah dengue, PHBS, breeding places, Container Index

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50287
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Oct 2016 14:48
Last Modified:11 Oct 2016 14:48

Repository Staff Only: item control page