PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN JUMLAH TERNAK PETERNAK KAMBING TERHADAP PERILAKU SAPTA USAHA BETERNAK KAMBING DI DESA WONOSARI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL

MULYAWATI, Izza Amalia and MARDININGSIH, Dyah and SATMOKO, Sriroso (2016) PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN JUMLAH TERNAK PETERNAK KAMBING TERHADAP PERILAKU SAPTA USAHA BETERNAK KAMBING DI DESA WONOSARI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan & Pertanian.

[img]
Preview
PDF
223Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

202Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

263Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

350Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

988Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh umur, pendidikan, jumlah ternak, pengalaman beternak, jumlah ternak terhadap perilaku beternak kambing dan bagaimana perilaku sapta usaha pada usaha peternakan kambing yang ada di Desa Wonosari. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui bagaimana perilaku beternak kambing di Desa Wonosari dan bagi peternak dapat menjadi masukan atau informasi dalam menjalankan usahanya agar usahanya dapat lebih maju dan berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya serta sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan peternakan usaha ternak rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi menggunakan purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 38 orang yang dipilih dengan cara cara simple random sampling. Data penelitian di dapat dari data primer yaitu wawancara langsung dengan peternak sesuai dengan kuesioner dan data sekunder dari kantor atau instansi terkait. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil jawaban dari peternak selanjutnya diolah dalam bentuk skor. Untuk mengetahui pengaruh antara umur, pendidikan, pengalaman beternak, jumlah ternak dengan perilaku beternak di analisis dengan menggunakan korelasi Spearman dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku (pengetahuan, sikap, keterampilan) sebagian besar pada kategori cukup. Pendidikan peternak sebagian besar lulus SD, umur peternak sebagian besar merupakan umur produktif, pengalaman beternak sebagian besar > 10 tahun dan memiliki jumlah ternak sebagian besar > 3 ekor. Tingkat perilaku, sikap, pengetahuan peternak sebagian besar pada kategori cukup dan keterampilan pada kategori kurang. Hasil analisis dengan menggunakan uji Spearman di dapatkan hasil umur dan pengalaman tidak berpengaruh terhadap perilaku (>0,05), sedangkan pendidikan dan jumlah ternak memiliki nilai <0,05 artinya pendidikan dan jumlah ternak berpengaruh terhadap perilaku beternak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:50184
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:06 Oct 2016 15:28
Last Modified:06 Oct 2016 15:28

Repository Staff Only: item control page