ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PENILAIAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016

PARDEDE, CLARA SYLVIA (2016) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PENILAIAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

ABSTRAK : BPJS Kesehatan bekerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan seperti puskesmas, posyandu dan rumah sakit untuk membuka pintu pelayanan kesehatan masyarakat. Puskesmas sebagai FKTP perlu untuk dilihat bagaimana analisis kepuasan yang dirasakan oleh peserta BPJS. Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya dibidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsipasien BPJS Kesehatan dengan menggunakan dimensi mutu pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling . Adapun yang diteliti adalah berdasarkan dimensi mutu yaitu mutu bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, perhatian. Adapun yang diteliti adalah pasien BPJS PBI dan Non PBI yang telah mendapatkan pelayanan di Pu skesmas Kedungmundu Semarang dengan jumlah sampel 50 BPJS PBI dan 50 BPJS Non PBI. Hasil penelitian ini adalah mutu bukti fisik (p = 0,03), keandalan (p=0,10), ketanggapan (p=0,10), jaminan (p=0,55), perhatian (p=0,8). Kesimpulan dari penelitian iniadalah adanya perbedaan persepsi pasien BPJS PBI dan Non PBI yang dilihat dari dimensi mutu bukti fisik (p<0,05) sedangkan tidak adanya perbedaan persepsi yang dilihat dari dimensi mutu keandalan, ketanggapan, jaminan dan perhatian (p>0.05). Saran bagi petugas untuk selalu bersikap ramah, sabar, sopan dan hati-hati dalam melayani pasien dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Persepsi, BPJS, Puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:50151
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Oct 2016 09:22
Last Modified:06 Oct 2016 09:22

Repository Staff Only: item control page