PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN MENGINDERA PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA (STUDI PADA USAHA MIKRO KECIL BATIK DI KOTA PEKALONGAN)

DEWINTA, Sheila Mutiara and Wahyudi, Sugeng and Kusumawardhani, Amie (2016) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN MENGINDERA PASAR DAN KEMITRAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA (STUDI PADA USAHA MIKRO KECIL BATIK DI KOTA PEKALONGAN). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
507Kb

Abstract

Jumlah unit usaha yang semakin meningkat mengakibatkan terjadinya persaingan dalam usaha mikro dan kecil sehingga mengakibatkan kinerja usaha menurun. Kinerja UMKM batik di Kota Pekalongan menurun, hal ini mengindikasi bahwa UMKM kurang mampu bersaing. Dalam telaah pustaka, orientasi kewirausahaan, kemampuan mengindera pasar dan kemitraan dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei kuesioner terhadap 200 sampel dari UMK batik di Kota Pekalongan, dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode SEM dengan AMOS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan orientasi kewirausahaan, kemampuan mengindera pasar dan kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kemitraan dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Orientasi kewirausahaan dan kemampuan mengindera pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha. Ketidak-signifikanan tersebut disebabkan oleh keunggulan bersaing yang memediasi secara penuh hubungan orientasi kewirausahaan dan kemampuan mengindera pasar terhadap kinerja usaha. Keunggulan bersaing juga memediasi secara parsial dominan hubungan kemitraan terhadap kinerja usaha.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:50111
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:03 Oct 2016 10:44
Last Modified:03 Oct 2016 10:44

Repository Staff Only: item control page