STUDI TENTANG PENGARUH MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP GRANIT TILE SANDIMAS DI SEMARANG

Setiawan, Harwindo Febrianto and SOESANTO, HARRY (2016) STUDI TENTANG PENGARUH MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP GRANIT TILE SANDIMAS DI SEMARANG. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
282Kb

Abstract

Banyaknya pemain pemain baru pada sector granit tile dengan menggunakan bermacam - macam merek dagang , hal ini merupakan suatu tantangan bagi pemain – pemain lama untuk tetap bertahan unggul dan tidak kalah terhadap pesaing baru. Banyaknya merek-merek granit tile yang beredar dipasaran menunjukan bahwa tingkat persaingan semakin ketat. Konsekuensi dari persaingan tersebut adalah timbulnya pergeseran volume penjualan granit tile. Hal ini dirasakan oleh salah satu pemain lama dalam industry granit tile adalah PT. Dekoramik Perdana dengan merek dagang “Sandimas” yang mengalami penurunan minat beli konsumennya. Terdapat faktor – faktor yang berpengaruh pada minat beli konsumen tersebut yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap citra merk dan minat beli konsumen granit tile Sandimas. Populasi yang dipilih pada penelitian ini adalah para konsumen bahan bangunan yang sedang melaksanakan pembangunan atau renovasi pembangunan dan kontraktor yang menjadi acuan konsumen dalam membangun rumah di Semarang. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 orang konsumen granit tile Sandimas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling. Berdasarkan penelitian, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap citra merek, kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif terhadap minat beli sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat beli. Dalam hal pengujian fit model, hasil pengujian 9 indikator menyatakan bahwa hanya 1 yang menyatakan bahwa model memiliki fit yang kurang baik, selebihnya menyatakan bahwa jjmodel memiliki fit yang baik. Sehingga dari hal ini dapat disimpulkan bahwa model memiliki fit yang cukup baik untuk memprediksi minat beli.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:50091
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Sep 2016 14:48
Last Modified:29 Sep 2016 14:48

Repository Staff Only: item control page