Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk bank syariah di Jawa Tengah

Naili , Farida Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk bank syariah di Jawa Tengah. Project Report. Naili Farida , Jawa Tengah . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Published Version
2044Kb
[img]
Preview
PDF (Full Paper) - Published Version
1448Kb

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan sektor finansial yang sangat pesat sehingga dibutuhkan lembaga keuangan yang lebih banyak tidak hanya bank konvensional saja, bahkan bank-bank syariah tumbuh untuk pendorong perekonomian. Pertumbuhan bank syariah yang sangat pesat mendorong perekonomian secara langsung berdampak pada dunia usaha. Penelitian ini dilakukan pada bank-bank syariah di 10 (sepuluh) kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kota Magelang, Kota Solo, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah bank syariah yang ada di Jawa Tengah sebanyak 1000 (seribu) orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis menggunalkan path analysis (analisis jalur) dan analisis K­Means Cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1 lingkungan budaya berpengaruh positif terhadap faktor psikologis, hipotesis 2, bauran pemasaran jasa berpengaruh positif terhadap faktor psikologis, hipotesis 3, faktor psikologis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hipotesis 4, faktor lingkungan sosial budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. hipotesis 5, faktor bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap positif terhadap keputusan pembelian dan hipotesis 6, faktor keputusan pembelian berpengaruh positif terhadap tanggapan konsumen. Selanjutnya hasil analisis K-Mean Cluster secara umum 5 variabel yaitu lingkungan social dan budaya, bauran pemasaran jasa, faktor psikologis, keputusan pembelian dan tanggapan nasabah menunjukkan nilai cluster yang mengelompok dan mampu menggambarkan karaktersitik masing-masing variable secara berbeda. Analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh terbesar adalah keputusan pembelian terhadap tanggapan konsumen dan bauran pemasaran jasa terhadap tanggapan konsumen dan terkecil adalah pengaruh faktor psikologis terhadap tanggapan konsumen dengan keputusan pembelian sebgai variable mediasi. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah perlu diperhaatikan keputusan pembelian pada bank syariah keinginan untuk terus menjadi nasabah pada bank syariah dan akan menggunakan produk-produk jasa yang lain. Faktor periklanan perlu ditingkatkan khususnya iklan media elektronik TV, Radio, dan internet untuk frekuensi dapat ditingkatkan lagi dan faktor psikologis dalam proses pembelian produk adalah faktor persepsi khususnya untuk produk bagi hasil. Kata kunci: faktor lingkungan, bauran pemasaran jasa. faktor psikologis dan keputusan pembelian

Item Type:Monograph (Project Report)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:49897
Deposited By:Magister Ilmu Komunikasi
Deposited On:01 Sep 2016 14:10
Last Modified:12 Jun 2017 14:55

Repository Staff Only: item control page