KAJIAN PEMBERIAN MINYAK CENGKEH PADA KEPADATAN YANG BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN DAN KADAR GLUKOSA DARAH BENIH NILA (Oreochromis niloticus)

Haditomo, A.H. Condro and Rejeki, Sri and Ardiansyah, M Fajar (2015) KAJIAN PEMBERIAN MINYAK CENGKEH PADA KEPADATAN YANG BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN DAN KADAR GLUKOSA DARAH BENIH NILA (Oreochromis niloticus). In: Prosiding Seminar Nasional Tahunan ke-IV Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan Tahun 2014. FPIK Universitas Diponegoro, Semarang, pp. 352-358.

[img]
Preview
PDF
170Kb

Abstract

Transportasi benih antar pula umumnya menggunakan pengangkutan jalur udara. Pengangkutan melalui jalur udara memiliki kekurangan yakni biaya sangat besar, namun memiliki keunggulan dari segi waktu yang lebih singkat. Peningkatan jumlah kepadatan benih tanpa mengakibatkan kematian dan stres berlebih akan memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian minyak cengkeh pada kepadatan yang berbeda terhadap kelulushidupan benih dan kadar glukosa darah Nila pasca pengangkutan sehingga diketahui kepadatan terbaik dengan kelulushidupan tertinggi serta tingkat stres terendah akibat pengangkutan. Dosis minyak cengkeh yang digunakan adalah 15ppm pada kepadatan benih Nila 400, 500, dan 600 ekor/L. Hasil penelitian menunjukkan kadar glukosa darah benih Nila setelah pengangkutan menunjukkan nilai terendah pada perlakuan tanpa pemberian minyak cengkeh dengan kepadatan 400 ekor/L yakni sebesar 95,00±29,55 mg/L dan nilai glukosa tertinggi pada perlakuan tanpa pemberian minyak cengkeh dengan kepadatan 600 ekor/L yakni sebesar 280,33±68,24 mg/L. Kelulushidupan terendah pada kepadatan 600 ekor/L tanpa pemberian minyak cengkeh yakni sebesar 80,67±3,17% dan tertinggi pada kepadatan 400 ekor/L. Pemberian minyak cengkeh pada kepadatan yang berbeda tidak berpengaruh nyata terhadap kelulushidupan dan kadar glukosa darah benih nila setelah pengangkutan. Kepadatan berpengaruh nyata terhadap kelulushidupan benih nila setelah pengangkutan. Pemberian minyak cengkeh dan kepadatan masing-masing sebagai faktor tunggal mampu menekan stres selama kegiatan pengangkutan. Kepadatan 600 ekor/L dengan penambahan minyak cengkeh dapat diaplikasikan dalam pengangkutan benih nila ukuran 2-3 cm dengan jarak tempuh 10 jam. Kata kunci: nila, minyak cengkeh, glukosa darah, pengangkutan

Item Type:Book Section
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:49875
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Aug 2016 09:28
Last Modified:02 Sep 2016 13:31

Repository Staff Only: item control page