CONSTRUCTING PRESIDENTIAL CANDIDATES’S IDENTITIES THROUGH SLOGAN IN BANNERS CONSTRUCTING PRESIDENTIAL CANDIDATES’S IDENTITIES THROUGH SLOGAN IN BANNERS

Pandanwangi, Prayudisti Shinta (2016) CONSTRUCTING PRESIDENTIAL CANDIDATES’S IDENTITIES THROUGH SLOGAN IN BANNERS CONSTRUCTING PRESIDENTIAL CANDIDATES’S IDENTITIES THROUGH SLOGAN IN BANNERS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
412Kb

Abstract

Penelitian ini mengenai apakah identitas yang ingin ditonjolkan calon presiden Republik Indonesia. Data yang di ambil adalah ujaran-ujaran pada baner-baner kampanye yang tersebar di Semarang dan yang bersumber dari internet. Dalam penulisan karya tulis ini, penulis tertarik untuk meneliti makna implikatur dari ujaran-ujaran dalam baner-baner kampanye para calon presiden dan wakil presiden melalui pengkajian makna eksplikatur dan konteksnya. Tujuan penulisan penelitian ini adalah mendapatkan pola identitas yang ingin ditonjolkan oleh pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK serta dengan ujaran macam apa yang mereka pakai dalam menarik para pemilih agar tergerak memilih salah satu pasangan kandidat. Data yang dipakai berupa ujaran yang terdapat dalam baner kampanye calon presiden dengan perbandingan antara Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK adalah 9:9. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode untuk mengumpulkan data adalah metodesimak bebas libat cakap dengan teknik catat.. Dalam menganalisi data, penulis menggunakan metode padan dengan teknik identifikasi, teknik translasi dan teknik referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan makna implikatur dari ujaran pembuat teks, diperluakan dua tahap penelitian terlebih dahulu, yaitu menganalisis makna ekplikatur dari ujaran-ujaran tersebut dan mengaitkan dengan konteks mengapa ujaran tersebut dibuat. Hasilnya, makna implikatur dari ujaran-ujaran tersebut akan mengarahkan pembaca pada identitas yang ingin dibangun oleh kedua kandidat selama periode kampanye kepresidenan dan bagaimana penyikapan antar-kandidat terhadap pesaingnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:49652
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Aug 2016 14:31
Last Modified:08 Aug 2016 14:31

Repository Staff Only: item control page