HUBUNGAN ANTARA PAPARAN TIMBAL (Pb) DENGAN LAJU ENDAP DARAH PADA PEKERJA BAGIAN PENGECATAN INDUSTRI KAROSERI DI SEMARANG

SETYONINGSIH, OKTAVIA SUCI (2016) HUBUNGAN ANTARA PAPARAN TIMBAL (Pb) DENGAN LAJU ENDAP DARAH PADA PEKERJA BAGIAN PENGECATAN INDUSTRI KAROSERI DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Para pekerja industri karoseri, di bagian pengecatan berisiko terpapar timbal (Pb) yang terkandung dari dalam cat. Timbal (Pb) menyebabkan defisiensi enzim G-6PD dan menghambat enzim pirimidin-5’-nukleotidase. Hal ini menyebabkan turunnya masa hidup eritrosit dan meningkatkan kerapuhan membran eritrosit, sehingga terjadi penurunan jumlah eritrosit. Eritrosit mempengaruhi laju endap darah para pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara paparan timbal (Pb) dengan laju endap darah pada pekerja bagian pengecatan industri karoseri di Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik.dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja industri karoseri di Semarang bagian pengecatan sebanyak 53 pekerja. Sampel yang digunakan sebanyak 34 pekerja menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kadar Pb dalam darah dengan laju endap darah 1 jam (p-value = 0,534) maupun dengan laju endap darah 2 jam (p-value = 0,436). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara kadar Pb dalam darah dengan laju endap darah 1 jam maupun dengan laju endap darah 2 jam. Saran dalam penelitian ini sebaiknya pihak perusahaan menyusun kebijakan untuk mengurangi risiko paparan Pb terhadap karyawannya dan berupaya untuk menanggulangi tingginya kadar Pb dalam darah pekerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:49606
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Aug 2016 10:03
Last Modified:03 Aug 2016 10:03

Repository Staff Only: item control page