Hubungan Peran Orang Tua dalam Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Kelurahan Ngesrep Semarang

Prasasti, Ika and Zubaidah, Zubaidah (2016) Hubungan Peran Orang Tua dalam Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Kelurahan Ngesrep Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1217Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

7Mb

Abstract

Karies gigi merupakan daerah yang membusuk pada gigi akibat proses bertahap melarutkan mineral permukaan gigi dan terus berkembang kebagian dalam gigi. Karies gigi pada tingkat tertentu dapat menyebabkan terganggunya fungsi pengunyahan dan rasa nyeri pada gigi. Pada anak prasekolah, pemeliharaan kesehatan gigi masih bergantung pada orang tua. Peran orang tua sangat berpengaruh dalam merawat dan memelihara kesehatan gigi anak secara teratur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dalam kebersihan gigi dan mulut dengan kejadian karies gigi pada anak prasekolah di TK PGRI Kelurahan Ngesrep Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 125 orang tua dan anak prasekolah. Sebanyak (68,0%) orang tua memiliki peran cukup dalam kebersihan gigi dan mulut anak dan (83,2%) anak mengalami karies gigi. Hasil uji korelasi Chi Square didapatkan p value 0,001 (p <0,05) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara peran orang tua dalam kebersihan gigi dan mulut dengan kejadian karies gigi pada anak prasekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi orang tua dapat meningkatkan peran dalam membatasi konsumsi makanan manis pada anak dengan membiasakan anak menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49596
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Aug 2016 14:01
Last Modified:02 Aug 2016 14:01

Repository Staff Only: item control page