STATUS RESISTENSI NYAMUK Aedes aegypti TERHADAP MALATHION DI WILAYAH KERJA KKP KELAS III LHOKSEUMAWE (Berdasarkan Uji Impregnated Paper dan Biokimia)

SYAHRIZAL, SYAHRIZAL (2016) STATUS RESISTENSI NYAMUK Aedes aegypti TERHADAP MALATHION DI WILAYAH KERJA KKP KELAS III LHOKSEUMAWE (Berdasarkan Uji Impregnated Paper dan Biokimia). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Fogging Fokus di KKP Kelas III Lhokseumawe dilakukan setiap 3 bulan sekali sesuai Standar Operasional Prosedur Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Lhokseumawe.Kegiatan fogging dilakukan 3 bulan sekali meskipun tidak terdapat kasus.Penggunaan insektisida dalam waktu lama menyebabkan resistensi.Pada resistensi serangga terhadap organofosfat terjadi peningkatan aktifitas enzim esterase nonspesifik yang diuji dengan microplate assay.Penelitian ini bertujuan mengetahui status resistensi nyamuk Ae.aegypti terhadap malathion di wilayah kerja berdasarkan uji susceptibility dan melihat aktivitas enzim detoksifikasi menggunakan uji biokimia. MetodePenelitian adalah Deskriptif. Sampel Uji adalah semua nyamukAe. aegypti dewasa generasi pertama (F1) hasil survei Jentik di Pelabuhan Kruenggeukueh, Pelabuhan Pertamina Hagu dan Bandara Malikussaleh. Hasil uji kematian nyamuk Ae.aegypti dengan uji bioassay Pelabuhan Kruenggeukueh rata-rata 2%, Pelabuhan Pertamina Hagu 3% dan Bandara Malikussaleh 0%, ke 3 wilayah tersebut dalam kategori resisten berdasarkan uji biokimia menunjukkan ketiga wilayah tersebut status resistensinya kategori sedang dan tinggi. Malathiontidak bisa digunakan lagi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Lhokseumawe karena nyamuk Ae.aegypti telah resistensehingga perlu diganti dengan Insektisida golongan yang lain seperti golongan Pirethroid (Deltametrin, Lambdasihalotrin, dan cypermetrin) Kata Kunci: Status Resistensi Ae. aegypti, Malathion 0,8 %

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:49537
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jul 2016 15:51
Last Modified:26 Jul 2016 15:51

Repository Staff Only: item control page