Persepsi Mahasiswa Praktik Keperawatan terhadap Pembimbingan Clinical Instructor (CI) di RSUD Tugurejo Semarang

Giyaningtyas, Ika Juita and Ulliya, Sarah (2015) Persepsi Mahasiswa Praktik Keperawatan terhadap Pembimbingan Clinical Instructor (CI) di RSUD Tugurejo Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Pendidikan klinik mempengaruhi kualitas pendidikan keperawatan, karena dalam pendidikan klinik terdapat efek timbal balik, terutama antara mahasiswa dengan pembimbingnya atau clinical instructor (CI). CI sangat berperan dalam pendidikan klinik, karena CI adalah orang yang bertanggung jawab dan berkewajiban untuk memberikan pengajaran dan pengawasan terhadap mahasiswa praktik. Studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap 5 orang mahasiswa dari institusi berbeda yang pernah melakukan pendidikan klinik di ruang ICU RSUD Tugurejo Semarang, menunjukkan bahwa 2 mahasiswa mengatakan mendapatkan pembimbingan yang cukup berarti untuk mencapai target kompetensi mereka, sedangkan 3 mahasiswa mengatakan belum mendapatkan pembimbingan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa praktik keperawatan terhadap pembimbingan clinical instructor di rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan total sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 91 mahasiswa praktik sarjana keperawatan yang berasal dari 7 institusi pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 46,2% mahasiswa setuju jika clinical instructor membimbing mahasiswa sesuka hati, 35,2% mahasiswa setuju jika clinical instructor membedakan mahasiswa berdasarkan asal institusi pendidikan, 71,4% mahasiswa setuju jika clinical instructor memberikan penjelasan pertanyaan mahasiswa yang berhubungan dengan pendidikan klinik dan 68,1% mahasiswa setuju jika clinical instructor mengevaluasi hasil belajar mahasiswa secara bertahap. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak rumah sakit untuk menegaskan kembali penggunaan Surat Keterangan pembimbingan klinik serta menganjurkan kepada seluruh clinical instructor untuk melakukan pembimbingan klinik dengan langkah yang sama dan menggunakan variasi metode pembimbingan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pembimbingan Klinik, Clinical Instructor, Pendidikan Keperawatan
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49488
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jul 2016 14:28
Last Modified:21 Jul 2016 14:28

Repository Staff Only: item control page