Gambaran Perilaku Pencegahan Primer Ulkus Kaki Diabetik pada Penderita Diabetes Mellitus Di Poli Penyakit Dalam RSUD Tidar Magelang

Dewi, Fitri Chandra and Setyawan, Dody (2015) Gambaran Perilaku Pencegahan Primer Ulkus Kaki Diabetik pada Penderita Diabetes Mellitus Di Poli Penyakit Dalam RSUD Tidar Magelang. Undergraduate thesis, Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3849Kb

Abstract

Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit metabolic kronik dengan karakteristik hiperglikemia. Diabetes mellitus yang tidak terkontrol berisiko tinggi untuk terjadinya komplikasi, salah satunya adalah ulkus kaki diabetik. Mencegah terjadinya ulkus kaki diperlukan perilaku pencegahan primer ulkus kaki diabetik yaitu pengendalian diabetes mellitus dan perawatan kaki. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku pencegahan primer ulkus kaki diabetik pada penderita diabetes mellitus di poli penyakit dalam RSUD Tidar Magelang yang berupa perilaku pengendalian diabetes mellitus dan perilaku perawatan kaki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah 245 responden di poli penyakit dalam RSUD Tidar Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 150 responden (61,2%) melakukan perilaku pengendalian diabetes mellitus dengan baik dan sebanyak 126 responden (51,4%) melakukan perilaku perawatan kaki dengan baik. Bagi penderita diabetes disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan perilaku pencegahan primer ulkus kaki diabetik terutama terkait olahraga, pengonsumsian obat diabetes, pemeriksaan kaki secara teratur, penggunaan alas kaki yang tepat dan penggunaan balutan kering ketika terjadi luka.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengandalian diabetes, Perawatan kaki, Ulkus kaki Diabetik
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49467
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jul 2016 12:01
Last Modified:21 Jul 2016 12:01

Repository Staff Only: item control page