HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA WANITA MENOPOUSE DI WILAYAH DESA SUMBERAHAYU RW 01 DAN RW 02 KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL

Magfiroh, Asmahani and Wijayanti , Divan Yuli (2014) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA WANITA MENOPOUSE DI WILAYAH DESA SUMBERAHAYU RW 01 DAN RW 02 KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

2774Kb

Abstract

ABSTRAK Asmahani Maghfiroh “ Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan pada Wanita Menopouse” xiii+ 58 halaman+ 9 Tabel+ 3 Gambar+ 12 Lampiran Menopouse merupakan berhentinya aktifitas folikuler ovarium. Beberapa tahun terakhir jumlah penduduk perempuan berusia 50 tahun yang diperkirakan memasuki usia menopouse selalu mengalami peningkata n dari tahun ketahun. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2000 jumlah wanita yang hidup dengan menopouse yaitu sekitar 30,3 juta jiwa. Salah satu keluhan pada wanita menopouse yaitu keluhan psikologis yaitu kecemasan yang diperberat oleh pengetahuan yang kurang tentang menopouse. Peneliti an ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat pengetahuan deng an tingkat kecemasan pada wanita menopouse. Penelitian ini merupakan pene litian deskriptif korelatif dengan teknik total sampling. Sampel pada penelitia n ini 85 wanita menopouse. Data didapatkan dari dua kuesioner yaitu kuesioner pengetahuan dan kuesioner HARS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value 0,012 dengan α 0,05 berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan ting kat kecemasan pada wanita menopouse. Wanita dengan pengetahuan cukup sebanyak 63,5% dan yang memiliki kecemasan ringan sebanyak 51,7%. Hasil pen elitian menyarankan agar puskesmas terdekat diwilayah Desa Sumberahayu dapat membuat program baru untuk mengurangi tingkat kecemasan pada wanita menop ouse. Kata Kunci: Menopouse, Pengetahuan, Kecemasan Studi Literature: 26 (2003- 2012)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49464
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:21 Jul 2016 11:51
Last Modified:21 Jul 2016 11:51

Repository Staff Only: item control page