Studi Deskriptif : Gambaran Umum Kesehatan Jiwa Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Na’im, Fadllun and Sari, Sri Padma (2015) Studi Deskriptif : Gambaran Umum Kesehatan Jiwa Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3915Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum kesehatan jiwa mahasiswa S1 tingkat pertama di PSIK FK UNDIP. Penelitian ini merupakan penelitian study deskriptif dengan pendekatan survey. Total sampel penelitian adalah 120 mahasiswa S1 tingkat pertama di PSIK FK UNDIP. Data penelitian diambil dengan kuisioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebanyak 61 responden (50,8%) memiliki kesehatan jiwa negatif dan 59 responden (49,2%) memiliki kesehatan jiwa positif. Data dimensi kesehatan jiwa negatif menunjukkan hasil bahwa 108 responden (90%) dominan pada subskala loss of behavioral/emotional control, 11 responden (9,2%) memiliki skor tertinggi pada subskala anxiety dan hanya 1 responden dominan pada subskala anxiety dan loss of behavioral serta tidak ada responden yang dominan pada subskala depression. Data dimensi kesehatan jiwa positif menunjukkan hasil bahwa ada 100 responden (83,3%) dominan pada subskala general positive affect, 15 responden (12,5%) memiliki skor tertinggi pada subskala life satisfaction dan 5 responden dominan pada subskala life satisfaction and general positive affect dan tidak ada responden yang dominan pada subkskala emotional ties. Hasil penelitian ini diharapkan ada peran aktif dosen yang tidak hanya berfokus pada lingkup akademis, namun dosen mampu melakukan pendekatan psikologis kepada mahasiswa. Dosen bersedia menjadi tempat sharing atas keluh kesah para mahasiswanya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kesehatan jiwa, mahasiswa keperawatan, anxiety
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:49455
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:21 Jul 2016 09:09
Last Modified:21 Jul 2016 09:09

Repository Staff Only: item control page